IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI ANISAH, NIM: 12480004 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12480004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12480004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Siti Anisah, Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata, mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata, dan mengetahui evaluasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian koordinator adiwiyata wakil koordinator adiwiyata dan peserta didik di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta guna mendukung data. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman dengan cara pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dengan cara Trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta terdiri dari lima tahap yaitu: a) Mengkaji kondisi lingkungaan hidup sekolah, kebijakan sekolah, kurikulum sekolah, kegiatan sekolah dan sarana prasarana, b) Membuat rencana kerja dan mengalokasikan anggaran sekolah berdasarkan hasil kajian tersebut di atas, dan disesuaikan dalam komponen, standar, dan implementasi adiwiyata. c) Melaksanakan rencana kerja sekolah. d) Melakukan pemantauan dan evaluasi. e) Menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah tembusan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota dan Instansi terkait . 2) Faktor pendukung dalam mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata adalah seluruh warga sekolah. Faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran cinta lingkungan beberapa warga sekolah. 3) Evaluasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata dengan melibatkan peserta didik dalam pembacaan meter dan penggunaan energi, menimbang sampah, mendokumentasikan kegiatan dan membuat daftar spesies. Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Program Adiwiyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sedya Santosa, S.S. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Program Adiwiyata
Subjects: Islam dan Lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 10:49
Last Modified: 04 Aug 2017 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum