PEMBERDAYAAN EKONOMI JANDA MELALUI HOME INDUSTRY BULU MATA DI DESA KEDUNG WULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH

Uswatun Khasanah Rahani, NIM. 13230050 (2017) PEMBERDAYAAN EKONOMI JANDA MELALUI HOME INDUSTRY BULU MATA DI DESA KEDUNG WULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI JANDA MELALUI HOME INDUSTRY BULU MATA DI DESA KEDUNG WULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH)
13230050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI JANDA MELALUI HOME INDUSTRY BULU MATA DI DESA KEDUNG WULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH)
13230050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Uswatun Khasanah Rahani, Pemberdayaan Ekonomi Janda Melalui Home Industri Bulu Mata di Desa Kedung Wuluh Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Banyaknya jumlah masyarakat khususnya janda yang belum terberdayakan secara ekonomi, membuat home indstry bulu mata Yayah Eyeleashes perlu menangani hal tersebut dengan memberikan pemberdayaan berupa peluang pekerjaan untuk meningkatkan perekonomiannya melalui kewirausahaan. Hal ini sebenarnya inti dari pemberdayaan adalah pengembangan keterampilan dan kemandirian ekonomi seperti kewirausahaaan. Seperti halnya di Desa Kedung Wuluh Purbalingga yang merupakan salah satu sentral wirausaha bulu mata di Jawa Tengah. Tujuan peneliti ini untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan ekonomi dan dampak bagi para janda oleh home industry Yayah Eyeleases dalam meningkatkan perekonomian di Desa Kedung Wuluh, Purbalingga Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik Purposive dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan ekonomi janda di Desa Kedung Wuluh dilakukan melalui tiga tahapan yakni tahap penyadaran dimana para janda menyadari kesulitannya. Selanjutnya, tahap pengkapasitasan dimana para janda diberikan pelatihan training dan pembelajaran otodidak untuk mendapatkan ketrampilan produksi bulu mata palsu. Terakhir, tahap pendayaan dimana para janda diberikan pengembangan modal berupa bahan baku, serta pemasaran, dan pemberian upah. Adanya pemberdayaan kepada para janda di Desa Kedung Wuluh membawa dampak baik positif dan negatif. Dampak positif pemberdayaan adalah para janda telah mencapai kemandirian dalam peningkatan ekonominya melalui mata pencaharian sekaligus ketrampilan baru terkait produksi bulu mata palsu sehingga mereka mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari sebelumnya. Di sisi lain, adanya pemberdayaan juga ternyata membawa dampak negatif. Dampak negatif tersebut adalah beban ganda yang diterima janda mengakibatkan berkurangnya intensitas interaksi dan komunikasi antara para janda dengan anaknya. Hal tersebut berpotensi memicu masalah sosial lain seperti kenakalan dan pergaulan bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Proses Pemberdayaan Janda, Home Indstry Yayah Eyeleashes, Dampak pemberdayaan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:03
Last Modified: 09 Oct 2017 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item