KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI

Muhail NIM : 04471210, (2009) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Kemerosotan akhlak disemua lini kehidupan mayarakat, baik lembaga atau individu merupakan satu bukti ketidak-berhasilan atau gagalnya pendidikan selama ini, terutama dalam bidang akhlak. Pendidikan acapkali ditempatkan sebagai suatu yang hanya bertali-temali dengan transfer of knowledge dan arena indoktrinasi. Pendidikan hanya merupakan penyampaian materi yang hampa dari nilai-nilai spiritual dan pengamalan yang berakibat pada peserta didik dan output pendidikan itu sendiri. Pendidikan akhlak menurut al-Ghazali merupakan tiap daya serta upaya yang dilakukan dengan melalui pelatihan secara berulang-ulang (kontinu) agar tertanam dalam jiwa dan muncul dalam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu. Upaya ini melalui mujahadah dan latihan. Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu untuk mengetahui Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif al-Ghazali. Adapun manfaat secara teoretis: Sumbangan pemikiran bagi perbaikan pendidikan Islam. Secara praktis: Menumbuh-kembangkan pemahaman pendidikan akhlak serta mencari inovasi baru menuju tercapainya keberhasilan dalam menanamkan pendidikan akhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Untuk memahami permasalahan yang akan dibahas, penulis akan menggunakan pendekatkan sejarah (Historical Approach). Pendekatan ini digunakan untuk melihat peristiwa-peristiwa dan gagasan-gagasan yang timbul pada masa lampau agar ditemukan suatu generalisasi dalam usaha memberikan pernyataan sejarah. Pendekatan ini juga digunakan untuk meneliti biografi yaitu tentang kehidupan seseorang dalam hubungannya dengan masyarakat baik sifat, watak, pengaruh dan ide-ide yang timbul pada saat itu. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian adalah metode dokumentasi yaitu mencari data-data pemikiran al-Ghazali khususnya dalam bidang akhlak dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data Primer adalah buku karya al-Ghazali yang berjudul Ihya''Ulum-ad-Din, Sedangkan data sekunder berupa buku-buku yang mengulas tentang karya al-Ghazali, riwayat hidup dan tasawuf al-Ghazali. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode Deskriptif Analitik, yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian diusahakan pula adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran terhadap data-data tersebut, yaitu menggambarkan pemikiran al-Ghazali secara sistematis, sehubungan dengan latar belakang kehidupan dan pemikirannya. Tahap berikutnya adalah interpretasi yaitu memahami seluruh pemikiran al-Ghazali untuk memperoleh kejelasan mengenai pendidikan akhlak. Dari penelitian ini ditemukan dan disimpulkan bahwa, pendidikan akhlak dengan mendasari ilmu pengetahuan. Akhlak terbagi menjadi dua yaitu Mahmudah-Munjiyat (baik dan menyelamatkan) dan Madzmumah-Muhlikat (buruk dan menghancurkan). Pendidikan akhlak menurut al-Ghazali adalah melalui pendidikan formal dan informal. Pendidikan informal dalam keluarga. Al-Ghazali menganjurkan metode cerita (hikayat) dan keteladanan (uswah al hasanah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pendidikan, Akhlak, Perpektif, Al-Ghazali
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 26 Dec 2012 14:28
Last Modified: 15 Mar 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item