EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE THE POWER OF TWO DI KELAS XA MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

MUHAMMAD RIFA'I - NIM. 03420231, (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE THE POWER OF TWO DI KELAS XA MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE THE POWER OF TWO DI KELAS XA MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE THE POWER OF TWO DI KELAS XA MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta efektivitas pencapaian pembelajaran bahasa Arab dengan metode cooperative learning dalam model power of two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di mana proses tindakan dilakukan terhadap siswa-siswi di kelas XA MAN Maguwoharjo Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa dan dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2007/2008. Proses tindakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 siklus. Peran peneliti hanya sebagai observer sedangkan proses tindakan sepenuhnya dilakukan oleh guru bahasa Arab. Pengumpulan data tentang implementasi pembelajaran dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran yang berlangsung di setiap siklusnya serta wawancara dengan guru bahasa Arab. Untuk data tentang efektivitas pencapaian pembelajaran didapat dengan mengukur tanggapan siswa, keterlibatan siswa, serta prestasi siswa dalam pembelajaran. Jadi, pencapaian pembelajaran dikatakan efektif jika ketiganya memiliki peningkatan. Tanggapan siswa didapat melalui penyebaran angket tanggapan pada siklus I, tingkat keterlibatan siswa diketahui melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi di setiap siklus, dan prestasi diketahui dari hasil ulangan harian di setiap akhir siklus. Kemudian untuk analisis, data yang didapat diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (a) proses pembelajaran bahasa Arab dengan metode cooperative learning dalam model power of two yang dilakukan guru mempunyai ciri: guru membuat perencanaan pembelajaran, guru menyampaikan apersepsi pembelajaran, siswa aktif dengan proses tanya jawab yang dibimbing oleh guru, guru mengelompokkan siswa dan setiap kelompok terdiri dari dua siswa, siswa mendiskusikan lembar masalah yang telah disediakan, ulangan harian di akhir pembelajaran, serta guru menyampaikan kesimpulan pembelajaran. (b) tanggapan siswa dengan metode ini digolongkan dalam kategori senang/baik, terbukti dari hasil angket tanggapan siswa, sebanyak 21 atau 91,3% siswa menanggapinya dengan senang, sangat senang sebanyak 1 atau 4,3% siswa, dan tidak senang terdapat 1 siswa atau 4,3% dari seluruh siswa, (c) keterlibatan siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari hasil observasi keterlibatan mereka dari setiap siklusnya. Di mana pada siklus I siswa yang terlibat sebanyak 15 orang dan frekuensinya 28, pada siklus II siswa yang terlibat sebanyak 17 orang dengan frekuensi sebesar 36, dan kemudian pada siklus III atau siklus terakhir terdapat 20 siswa yang terlibat dengan frekuensi sebesar 45, (d) prestasi siswa, sama halnya dengan keterlibatan siswa, dengan metode ini prestasi siswa juga mengalami peningkatan. Terbukti pada siklus I rata-rata prestasi siswa hanya 5,04, pada siklus II rata-rata siswa sebesar 6,00, dan pada siklus terakhir rata-rata prestasi belajar bahasa Arab siswa sebesar 6,83

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Maksuddin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode, The Power of Two
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Dec 2012 14:12
Last Modified: 03 Apr 2017 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item