PEMAHAMAN ABDULLAH GYMNASTIAR TERHADAP AYAT-AYAT AL QUR'AN . (STUDI TERHADAP BUKU AA'GYM DAN FENOMENA DARUT TAUHID)

MUHAMMAD IHSAN, NIM. 00530132 (2005) PEMAHAMAN ABDULLAH GYMNASTIAR TERHADAP AYAT-AYAT AL QUR'AN . (STUDI TERHADAP BUKU AA'GYM DAN FENOMENA DARUT TAUHID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN ABDULLAH GYMNASTIAR TERHADAP AYAT-AYAT AL QUR'AN . (STUDI TERHADAP BUKU AA'GYM DAN FENOMENA DARUT TAUHID))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN ABDULLAH GYMNASTIAR TERHADAP AYAT-AYAT AL QUR'AN . (STUDI TERHADAP BUKU AA'GYM DAN FENOMENA DARUT TAUHID))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul, Pemahaman Abdullah Gymnastiar terhadap Ayat ayat ai-Qur'an: Studi atas Buku Aa' Gym dan Fenomena Darut Tauhid. Penelitian ini menarik untuk angkat, karena dalam buku ini terdapat artikel-artikel yang ditulis oleh seaorang da'i terkenal di Indonesia, yaitu Abdullah Gymnastiar. Selama ini, menurut penulis, Abdullah Gymnastiar mampu memanfaatkan berbagai media informasi dengan baik. Ini mempunyai implikasi besar dalam sampainya arus informasi keagamaan dalam masyarakat, saat ini informasi keagamaan yang diterima masyarakat secara umum lebih banyak diakses dari media-media seperti radio, televisi, koran, internet dan buku. Maka buku Aa Gym dan Fenomena Darut Tauhid ini adalah sample yang bisa dijadikan gambaran bagaimana pemahaman Abdullah Gymnastiar terhadap al-Qur'an. Penelitian tentang pemahaman ayat al-Qur'an mungkin secara sepintas tidak dirasa penting. Namun jika kita melihat lebih jauh, kita akan melihat bahwa da'i-da'i seperti Abdullah Gymnastiar hampir selalu menyertakan ayat al-Qur'an dalam setiap ceramahnyu. Ini mengandung arti bahwa dia membawa sebuah pemahaman akan arti ayat al-Qur'an yang dikutipnya. Bagaimana pemahaman yang dia bawa inilah yang kemudian menjadi fokus penelitian ini. Apakah pemahaman ini bisa dikategorisasikan sebagai tafsir, takwil, atau terjemah? Di manapun pemahaman ini akam dikategorisasikan, tentu dia harus mempunyai tempat yang jelas. Ini penting karena pemahaman al-Qur'an adalah pemahaman akan sumber hukum dan pegangan muslim yang tentu mempunyai peluang untuk dipahami secara ngawur, atau dipahami dengan metode yang jelas. Dari penelitian ini ditemukan informasi bahwa pemahaman Abdullah Gymnastiar dalam buku ini dapat dikategorisasikan sebagai tafsir. Sebagai sebuah tafsir, pemahaman ini memang berbeda dengan tafsir yang sudah diakui secara umum yang ada dalam dalam kitab-kitab tafsir. Ini bisa dipahami bahwa memang awal dari buku ini bukan dimaksudkan untuk membuat buku tafsir secara khusus, namun sebagai uraian singkat tentang tema-tema keagamaan yang dipilih oleh penulisnya. Maka bisa dipahami pula bahwa dilihat dari segi metode, ada inkonsistensi pemahaman yang dilakukan Abdullah Gymnastiar. Di mana pada satu tempat dia berusaha memahami ayat dengan ayat lain juga hadits yang berkaitan, namun di sisi lain, banyak ayat yang ''hanya" menjadi alat untuk menerangkan tema yang diangkat. Hal penting lain dari penelitian ini adalah, bahwa apabila ceramah seorang da'i bisa disebut sebagai tafsir, maka kehatia-hatian dalam mengutip alQur'an dan memberikan pemahaman akan ayat tersebut menjadi hal yang harus lebih diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Indal Abror. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ayat-Ayat Al Qur'an, Aa'Gym dan Fenomena Darut Tauhid
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Aug 2017 03:12
Last Modified: 03 Aug 2017 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27196

Actions (login required)

View Item View Item