IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS IV, V, DAN VI DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

Nur Hamdiyati, NIM: 12480076 (2005) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS IV, V, DAN VI DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
12480076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS IV, V, DAN VI DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA)
12480076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NUR HAMDIYATI. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an bagi Kelas IV, V, dan VI di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017. Sebaik-baik manusia adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Cara mempelajari dan memelihara Al-Qur’an diantaranya adalah dengan membaca dan menghafalnya. Akan lebih baik jika menghafal Al- Qur’an dimulai sejak usia dini atau anak-anak. Karena menghafal pada masa anak-anak akan lebih cepat daya serap ingatannya, lebih melekat dan lebih panjang kesempatan untuk mencapai hafalan yang diharapkan. Program khusus tahfidz di sekolah merupakan salah satu sarana dalam membantu anak-anak menghafalkan Al-Qur’an sejak dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitiaan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru agama, guru tahfidz, dan siswa kelas IV, V, dan VI di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Objeknya adalah implementasi program tahfidz Al-Qur’an bagi kelas IV,V, dan VI. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) latar belakang program tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Suronatan yaitu adanya tuntutan perkembangan dan kebutuhan dari sekolah, orang tua, dan siswa; (2) tujuan program tahfidz Al- Qur’an yaitu menjadikan sekolah unggul dalam bidang agama dan mencetak generasi penghafal Al-Qur’an sejak dini; (3) program tahfidz diwajibkan bagi kelas IV, V, dan VI dengan target hafalan minimal adalah juz 30; (4) materi atau kurikulum meliputi surat-surat juz 30 dan surat pilihan yang disusun oleh guru tahfidz; (5) guru pengampu tahfidz merupakan guru dari luar sekolah yang sesuai dengan kriteria; (6) sisteem penilaian dalam pembelajaran berupa setoran harian dan ujian tahfidz juz 30; (7) evaluasi pelaksanaan program secara keseluruhan diadakan tiap tahun; (8) dana operasional yang digunakan berasal dari uang bulanan siswa; (9) proses pembelajaran tahfidz meliputi pembukaan, muraja’ah, menambah hafalan, setoran, dan penutup; (10) metode pembelajaran yang digunakan adalah Murattal, Bi al-Naẓar, Tahfidz, Talaqqi, Taqrir, dan Tasmi’ secara klasikal dan privat; (11) diadakan wisuda tahfidz tiap tahun bagi siswa yang telah menyelesaikan hafalan juz 30; (11) faktor pendukug meliputi motivasi dan minat siswa yang tinggi, waktu yang kondusif, fasilitas yang memadai, dan penggunaan irama murottal; (12) faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda, bimbingan guru yang kurang maksimal, dan keterbatasan waktu. Kata Kunci : Implementasi, Program Tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Tahfidz
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Aug 2017 14:38
Last Modified: 08 Aug 2017 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum