PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI OUTDOOR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1

Rifka Anna Miratul Faidah, NIM: 13480033 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI OUTDOOR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI OUTDOOR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1)
13480033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI OUTDOOR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1)
13480033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Rifka Anna Mirataul Faidah, 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Hasil Pengamatan Melalui Pendekatan SAVI di Outdoor Pada Peserta Didik Kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1.Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis laporan hasil pengamatan sebelum penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan untuk mengetahui hasil penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil pengamatan peserta didik kelas IV. Peningkatan diupayakan mampu mencapai kategori tinggi, sebanyak lebih dari 75% jumlah peserta didik yang mengalami parmasalahan ketika pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan SAVI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1, Imogiri, Bantul pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 27 peserta didik. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang dilakukan dalam tindakan ini adalah penerapan pendekatan SAVI dalam kegiatan pembelajaran yang mengoptimalkan seluruh fungsi dari panca indera dan hasilnya berupa peningkatan menulis laporan hasil pengamatan peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan SAVI dan lembar soal untuk peserta didik dalam membuat laporan hasil pengamatan dan soal untuk peserta didik. Lembar observasi kegiatan pembelajaran dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif peserta didik dapat melakukan pengamatan dan dapat memahami materi yang dipelajari sehingga kemampuan menulis peserta didik meningkat sekurang-kurangnya yaitu 75% dari jumlah peserta didik memiliki nilai lebih dari 76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis laporan hasil pengamatan peserta didik sebelum penerapan pendekatan SAVI sebesar 48,14%. Sedangkan hasil dari penerapan pendekatan SAVIdalam meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil pengamatan setelah diadakan siklus 1 mendapatkan hasil 55,56%, pada siklus ke II meningkat menjadi 77,78% dari jumlah peserta didik yang mendapat nilai lebih dari 76. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis laporan hasil pengamatan peserta didik kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1 melalui pendekatan SAVI mengalami peningkatan setelah menggunakan pendekatan SAVI. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:36
Last Modified: 04 Aug 2017 01:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27203

Actions (login required)

View Item View Item