KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL ULUM MOROPELANG BABAT LAMONGAN

Diya Permata Sari Sang Bitaloka, NIM. 13480044 (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL ULUM MOROPELANG BABAT LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL ULUM MOROPELANG BABAT LAMONGAN)
13480044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL ULUM MOROPELANG BABAT LAMONGAN)
13480044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

DIYA PERMATA SARI SANG BITALOKA. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Mutu Guru Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Ulum Moropelang Babat Lamongan. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (partisipan observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi.Disertai dengan teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi. Menggunakan model Miles and Huberman yang memiliki empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verification dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan mutu guru Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Ulum Moropelang menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah menggunakan gaya kepemimpinan transformasional yang ditunjukkan melalui indikator – indikator sebagai berikut : pemberi motivasi, disiplin, teladan bagi guru dan siswa, demokratis, memperhatikan kebutuhan guru, pemberian reward, dan menyamakan persepsi dalam organisasi.Mutu guru Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Ulum Moropelang Babat Lamongan dapat dilihat dari : Kualifikasi akademik guru Pendidikan Agama Islam mayoritas S1, Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yaitu : kompetensi pedagogik meliputi : memiliki pemahaman terhadap peserta didik, mampu mengembangkan kurikulum / silabus, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, melakukan evaluasi hasil belajar, memiliki pemahaman wawasan dan landasan kependidikan. Sedangkan untuk kompetensi kepribadian meliputi : beragama dan taat dalam menjalankan ibadah, mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapinya, dan menyikapi perbedaan yang ditemui dalam berinteraksi dengan peserta didik. Kemudian untuk kompetensi sosial meliputi : bersikap terbuka dan tidak diskriminatif terhadap peserta didik, berkomunikasi secara efektif dan santun terhadap warga madrasah, memiliki kemampuan memahami dan menginternalisasikan perubahan lingkungan yang berpengaruh terhadap tugasnya. Dan kompetensi profesional meliputi : menguasai materi, struktur, dan konsep pelajaran, memahami standar kompetensi dan kompetensi inti, mengembangkan materi pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci : Penelitian kualitatif, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo. M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Penelitian kualitatif, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Guru PAI
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:40
Last Modified: 04 Aug 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum