PEMBELAJARAN TAḤFIẒ Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE DZIKRUNA KELAS III DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 JETIS SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Erva Romzul Faujiyah, NIM. 13480050 (2017) PEMBELAJARAN TAḤFIẒ Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE DZIKRUNA KELAS III DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 JETIS SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TAḤFIẒ Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE DZIKRUNA KELAS III DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 JETIS SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TAḤFIẒ Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE DZIKRUNA KELAS III DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 JETIS SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

ERVA ROMZUL FAUJIYAH, “Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an Menggunakan Metode Dzikruna Kelas III di SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Usaha-usaha yang dilakukan oleh sebagian umat Islam terus berlanjut dalam menghafal Al-Qur'an. Upaya tersebut untuk menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur‟an. Maka diperlukan metode pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an untuk mengatasi kejenuhan dalam menghafal Al-Qur'an dan menjaga stamina untuk terus menjaga hafalan Al-Qur'an, yang masih dianggap oleh sebagian peserta didik menghafal adalah hal yang sulit. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah adalah (1) Bagaimana pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an menggunakan metode Dzikruna Kelas III di SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an menggunakan metode Dzikruna Kelas III di SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis , dan (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an menggunakan metode Dzikruna Kelas III di SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Dengan mengambil tempat di SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian: kepala sekolah, guru pembimbing taḥfiẓ, wali kelas III, peserta didik kelas III dan wali murid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an di kelas III SDIT Salman Al Farisi 2 Jetis menggunakan metode Dzikruna. Menghafal Al- Qur'an dengan pengelompokan ayat secara bertema setahap demi setahap, bukan ayat per ayat lalu dibaca berulang kali. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan melekatnya hafalan di lisan dan meminimalisir kemungkinan terputusnya ayat. Karena hafalannya adalah ayat-ayat yang sudah sepaket. Faktor pendukung: motivasi, tempat menghafal, menentukan target hafalan, bacaan Al-Qur'an yang benar dan baik, memiliki mushaf sendiri, muroja’ah, dan sarana prasara. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya guru pembimbing, kurang menguasai makhorijul huruf dan tajwid, terlalu malas dan putus asa. Semangat keinginan melemah, kedisiplinan waktu, adanya kemiripan ayat-ayat yang satu dengan yang lainnya. Evaluasi pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur'an disebut dengan muroja’ah atau pengulangan terhadap ayat-ayat yang sudah dihafalkan. Ada 2 macam muroja’ah, yaitu Muroja’ah ayat yang telah dihafal dan muroja’ah surat yang telah dihafal Kata kunci: Taḥfiẓ Al-Qur‟an, Metode Dzikruna, SDIT Salman Al Farisi 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Taḥfiẓ Al-Qur‟an, Metode Dzikruna, SDIT Salman Al Farisi 2
Subjects: al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 09:31
Last Modified: 04 Aug 2017 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27206

Actions (login required)

View Item View Item