KONSEP KELUARGA MASLAHAH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN HAFIZ HAFIZAH ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA

IBNU AZIS MANSUR, NIM. 10350074 (2017) KONSEP KELUARGA MASLAHAH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN HAFIZ HAFIZAH ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA MAS}LAH{AH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN H{A<FIZ} H{A<FIZ}AH ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA)
10350074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA MAS}LAH{AH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN H{A<FIZ} H{A<FIZ}AH ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA)
10350074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pernikahan merupakan jalan yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi terhormat, hal itu jadi selaras dengan kepentingan pemeliharaan terhadap keturunan dan kehormatan manusia. Istilah keluarga mas}lah}ah}, yaitu suatu konsep yang berorientasi pada proses tumbuh dan mekarnya kebaikan dalam keluarga. faktor utama terbentuknya keluarga mas}lah}ah} adalah keharmonisan antara suami dan isteri. Membangun keluarga mas}lah}ah} merupakan unsur sentral dalam ajaran islam, sebab unit keluarga memang merupakan sendi utama masyarakat. Atas landasan unit-unit keluarga yang sehat akan berdiri tegak bangunan masyarakat yang sehat. Keluarga juga sebagai tempat pembinaan pertama menjadi sangat menentukan akan fondasi keimanan yang kokoh dan melahirkan anak-anak baik secara kualitas dan kuantitas. Sebuah keluarga akan sangat penting bila dibangun dengan sebuah kompetensi. Kompetensi keluarga adalah segala pengetahuan, keterampilan, dan sikap dasar yang harus dimiliki agar seseorang dapat berhasil membangun rumah tangga yang kokoh yang menjadi basis penegakan nilai-nilai islam di masyarakat dan membangun moralitas anak bangsa. Penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat maupun kelompok tertentu, dimana peneliti terjun langsung pada obyeknya yaitu para alumni Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta guna mengetahui serta memperoleh data secara jelas bagaimana pendapat keluarga Hafiz dan Hafizah tersebut tentang konsep keluarga mas}lah}ah}. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam membangun keluarga maslahah ada beberapa hal yang harus ditempuh demi terciptanya sebuah keluarga yang maslahah. Yakni, dengan terus Menjalin hubungan dan komunikasi yang harmonis, dapat tercukupinya kebutuhan lahir dan batin serta mendidik anak dengan sebaikbaiknya. Kata kunci: Hukum Islam, Konsep Mas}lah}ah, Keluarga Mas}lah}ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hukum Islam, Konsep Mas}lah}ah, Keluarga Mas}lah}ah.
Uncontrolled Keywords: MANSUR, S.Ag.,M.Ag
Subjects: al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 14:18
Last Modified: 04 Aug 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27218

Actions (login required)

View Item View Item