PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH (DBKS) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DUSUN BANGUNMULYO, DESA GIRIKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN

Joko Tri Raharjo, NIM. 13350060 (2017) PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH (DBKS) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DUSUN BANGUNMULYO, DESA GIRIKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH (DBKS) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DUSUN BANGUNMULYO, DESA GIRIKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN)
13350060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH (DBKS) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DUSUN BANGUNMULYO, DESA GIRIKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN)
13350060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (833kB)

Abstract

Tujuan dari perkawinan adalah membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Namun untuk mencapai tujuan tersebut perlu waktu dan usaha yang tidak sedikit, tidak jarang di tengah perjalanan keluarga menemui permasalahan yang berujung perceraian yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Untuk menekan angka perceraian tersebut Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta mengadakan suatu program yaitu Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS), untuk melakukan binaan keluarga sakinah di seluruh wilayah Provinsi D.I Yogyakarta, guna menekan terjadinya angka perceraian. Salah satu wilayah yang dijadikan sampel pelaksanaan yaitu Dusun Bangunmulyo. Adanya pelaksanaan DBKS di Dusun Bangunmulyo memunculkan permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan Program DBKS dan bagaimana pengaruh dari pelaksanaan Program DBKS dalam membentuk keluarga sakinah. Penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana pelaksanaan Program DBKS pada periode 2011-2016 dan bagaimana pengaruh pelaksanaan Program DBKS dalam membentuk keluarga harmonis di Dusun Bangunmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket berupa kuisioner yang diberikan kepada 36 responden, wawancara terhadap informan dan empat sampel Kepala Keluarga serta dokumentasi. Pendekatan penelitian yaitu sosiologis normatif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk data angket dan kualitatif untuk data wawancara dan hasil yang diperoleh kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian menunjukan pertama, bahwa pelaksanaan Program DBKS di Dusun Bangunmulyo telah sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan DBKS Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta, yaitu tahap pencanangan tahun 2011, pembinaan tahun 2012, evaluasi tahun 2013. Kedua, berdasarkan analisis data statistik menggunakan program komputer SPSS diperoleh bahwa Program DBKS mempengaruhi pembentukan keluarga sakinah sebesar 57,6%, hasil tersebut berdasarkan uji regresi linier sederhana. Selain pengaruh yang cukup besar tersebut, DBKS juga memberikan pengaruh yang besar kepada tiga sampel Kepala Keluarga dan cukup besar kepada satu sampel Kepala Keluarga. Pengaruh-pengaruh tersebut mencakup bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial masyarakat. Selain memberikan pengaruh DBKS juga menjadikan keluarga sampel menjadi Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Malik Ibrahim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: perkawinan, keluarga sakinah
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 15:49
Last Modified: 20 Oct 2017 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item