TINJAUAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP PANDANGAN KIAI PONDOK PESANTREN MODERN RADEN PAKU TRENGGALEK MENGENAI ISTRI PENCARI NAFKAH

Muhamad Firzha Kadya Lukita, NIM. 13350061 (2017) TINJAUAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP PANDANGAN KIAI PONDOK PESANTREN MODERN RADEN PAKU TRENGGALEK MENGENAI ISTRI PENCARI NAFKAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP PANDANGAN KIAI PONDOK PESANTREN MODERN RADEN PAKU TRENGGALEK MENGENAI ISTRI PENCARI NAFKAH)
13350061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP PANDANGAN KIAI PONDOK PESANTREN MODERN RADEN PAKU TRENGGALEK MENGENAI ISTRI PENCARI NAFKAH)
13350061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Istri pencari nafkah merupakan fenomena yang tidak asing dikalangan masyarakat. Berbagai alasan menjadi faktor untuk keterlibatan istri mencari nafkah. Adapun yang menjadi dasar alasan ialah, salah satunya faktor kehidupan di era zaman sekarang, pengaruh kemajuan tekhonologi berimbas terhadap pola fikir manusia di era sekarang dan berimbas pula terhadap gaya hidup. Hal tersebut dapat dipastikan mempengaruhi kehidupan rumah tangga, terkadang dampak tersebut menimbulkan kebutuhan keluarga semakin bertambah sehingga penghasilan dari suami dirasa tidak cukup, akhirnya istri ikut mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan proposional keuangan keluarga. Hal ini dianggap tidak sesuai dengan Perundang-undangan di Indonesia, karena tugas dari seorang istri ialah menyelenggarakan rumah tangganya dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini termasuk dalam kategori field research yaitu penelitian dengan pengumpulan data yang dilakukan dari kegiatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara dengan responden dalam bentuk tulisan dan lisan terhadap Kiai Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Sifat penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan gambaran mengenai pandangan Kiai Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek tentang istri Pencari Nafkah, sesuai atau tidak dengan Perundang-undangan. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Yuridis yang bersumber pada Undang-undang Perkawinan Dan Kompilasi Hukum Islam. Analisa data penelitian ini menggunakan metode induktif, yaitu penelitian yang bersumber pada sifat khusus menuju sifat umum, yaitu menganalisis pandangan para Kiai Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Pandangan Kiai Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dari dua Kiai menyatakan setuju, adapun argumentasi dari Kiai ialah semua manusia memounyai hak untuk memperolehnya yaitu bekerja. Karena tujuan dari bekerja sendiri yaitu untuk mencari rezeki yang halal dan juga untuk kelangsungan hidup berkeluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Bunyan Wahib, M.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: bafkah, istri, perundang-undangan
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 15:01
Last Modified: 20 Oct 2017 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum