PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA NGARAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO (STUDI TERHADAP PERAN TOKOH AGAMA)

Darkan Cahyadi, NIM. 13350076 (2017) PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA NGARAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO (STUDI TERHADAP PERAN TOKOH AGAMA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA NGARAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO (STUDI TERHADAP PERAN TOKOH AGAMA))
13350076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA NGARAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO (STUDI TERHADAP PERAN TOKOH AGAMA))
13350076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Keluarga Berencana adalah salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk menekan permasalahan sosial yang diakibatkan oleh tingginya pertumbuhan penduduk. Tokoh agama merupakan salah satu unsur dalam masyarakat yang sangat berpengaruh dan memiliki peran yang sangat krusial, dan memberikan sumbangsih dalam kontrol sosial terhadap kesenjangan serta permasalahan yang ada dalam masyarakat. Tokoh agama dapat memegang kendali kondisi sosial yang ada dalam masyarakat desa Ngaran, dikarenakan tokoh agama masih sangat dipercayai dalam menangani permasalahan-permasalahan yang timbul dan menjadi panutan masyarakat desa Ngaran, oleh karena itu penyusun tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut dan ingin lebih mengetahui peran tokoh agama serta tinjauan hukum Islam tentang Keluarga Berencana dan tokoh agama dalam masyarakat desa Ngaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yang dilakukan di desa Ngaran kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo, sifat penelitian ini adalah preskriptif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk menilai suatu masalah, dalam dalam hal ini adalah pelaksanaan KB, apakah sesuai dengan hukum Islam serta meninjau dari sisi sosiologis apakah tokoh agama itu menjadi agen perubahan atau tidak. Berkaitan untuk mendapatkan data tersebut, maka digunakan metode wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan cara berfikir secara induktif deduktif dengan pendekatan normatif sosiologis. Berdasarkan penelitian yang penyusun lakukan di desa Ngaran kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo maka dapat diambil kesimpulan, pertama, pelaksanaan Kelauarga Berencana di desa Ngaran sudah sangat baik, dapat dilihat dari kesadaran masyaaktnya. Kedua, tokoh agama menjadi sangat penting di masyarakat, dengan adanya pengajian rutinan seperti selapanandan konsultasi masyarakat kepada tokoh agama diharapkan menjadikan adanya perubahan di masyarakat. Dengan adanya tokoh agama di desa Ngaran keadaan sosial menjadi lebih terjaga. Ketiga, tingkat kepercayaan dan respon positif masyarakat terhadap tokoh agama begitu tinggi. Peran yang dilakukan oleh tokoh agama di masyarakat desa Ngaran sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan program Keluarga Berencana Ditinjau dari segi normatif masih ada yang tidak sesuai dengan hukum Islam yaitu melakukan KB secara permanen, melakukan KB permanen merupakan sifat merusak. Peran tokoh agama ditinjau dari sosiologi sistem gagasan, sistem pengetahuan, kepercayaan yang menjadikan perubahan perubahan sosial yang ada di desa Ngaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Djazimah, S.Ag.,M.S.I.
Uncontrolled Keywords: keluarga berencana
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Hukum Islam
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:24
Last Modified: 23 Oct 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item