STUDI KORELASI ANTARA MINAT MEMBACA BUKU KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I PONOROGO JAWA TIMUR

Nurul Qomaruddin NIM: 04471189, (2009) STUDI KORELASI ANTARA MINAT MEMBACA BUKU KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I PONOROGO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA MINAT MEMBACA BUKU KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I PONOROGO JAWA TIMUR )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA MINAT MEMBACA BUKU KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I PONOROGO JAWA TIMUR )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya minat membaca pada anak didik. Baik itu faktor internal (dari dalam diri anak itu sendiri) maupun faktor eksternal (dari luar diri anak didik). Sehingga, dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca pada anak didik, guru dapat mengambil langkah-langkah yang tepat, guna menumbuhkembangkan minat membaca pada anak didiknya. Untuk mencapai sasaran tersebut dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi SMP Muhammadiyah I Ponorogo, Jawa Timur yang terdiri dari 225 orang siswa, terdiri dari 7 (tujuh) kelas dari kelas VII sampai kelas IX. Dari 225 orang siswa maka diambil 32 siswa dari kelas VII sampai kelas IX, dengan perincian: kelas VII berjumlah 72 siswa x 15% = 10 siswa, kelas VIII berjumlah 93 siswa x 15% = 13 orang, dan kelas IX berjumlah 60 siswa x 15% = 9 orang. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1). Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo memiliki minat yang tinggi dalam membaca buku pelajaran agama Islam. (2). Prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah I Ponorogo tahun pelajaran 2007 / 2008 tergolong baik karena para siswa mampu mendapatkan skor nilai tinggi, dan (3). Besar kecilnya minat membaca buku keagamaan yang dimiliki oleh siswa SMP Muhammadiyah I Ponorogo mempunyai pengaruh terhadap tingkat prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dicapai oleh siswa, dengan koefisien korelasinya sebesar 0, 89 yang melebihi harga kritik r pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,374 dan 1% sebesar 0,478., sehingga besarnya minat membaca buku keagamaan berpengaruh terhadap tingginya prestasi Siswa SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Muh. Anis, MA.
Uncontrolled Keywords: Sudi, Korelasi, Minat Baca, Buku, Keagamaan, Prestasi, Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2013 15:58
Last Modified: 16 Mar 2017 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item