IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 71 TAHUN 2015 TENTANG MA’HAD ALY (Studi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang)

Hilda Aisya, NIM. 13370088 (2017) IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 71 TAHUN 2015 TENTANG MA’HAD ALY (Studi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 71 TAHUN 2015 TENTANG MA’HAD ALY (Studi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang))
13370088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 71 TAHUN 2015 TENTANG MA’HAD ALY (Studi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang))
13370088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Ma‟had Aly adalah perguruan tinggi keagamaan Islam yang menyeleggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama islam (Tafaqquh Fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.Izin pendirian Ma‟had Aly terdapat dalam SK izin Pendirian yang di keluarkan oleh Kementrian Agama.Dan Pelegalan Ma‟had Aly dalam sistem pendidikan nasional dituangkan oleh Menteri dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 71 Tahun 2015. Penelitian skripsi berjudul “Implementasi Permenag Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Ma‟had Aly (Studi Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Tebuireng Jombang” yang membahas rumusalan masalah tentang Bagaimana Implementasi Permenag Nomor 71 Tahun 2015 di Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Tebuireng Jombang menurut perspektif Siyasah Syaria‟ah. Penelitian menggunakan teori Siyasah Syar‟iyyah yang mana memngupas permasalah dengan menganalisis kebijakan Peraturannya dengan prinsip Keadilan dalam menegakkan kepastian hukum.Penelitianini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Jombang tehnik Pengumpulan data penelitian iniadalah berupa studi lapangan.Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara terhadap pihak pengurus Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Tebuireng Jombang. Sifat dari penelitian ini adalah deskripfif analisis, yang bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematik , mengenai Implementasi Permenag Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Ma‟had Aly. Pendekatan masalah ini dilakukan secara yuridis normatif yakni menelaah Peraturan Menteri Agama Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Ma‟had Aly.Dalam menganalisa data dari hasil penelitian ini yang dilakukan adalah mengolah data primer, sekunder dan tersier, selanjutnya dianalisa secara kualitatif dan kemudian dilakukan pembahasan yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Permenag Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Ma‟had Aly di Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Tebuireng Jombang hampir sepenuhnya sesuai. Karena masih ada persyaratan pendirian Ma‟had Aly yang belum terpenuhi di Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari Tebuireng Jombang, yaitu belum adanya Lampiran Rencana Induk Pendidikan (RIP) walaupun esensinya sesuai dalam sistematika RIP terdapat di Ma‟had Aly Hasyim Asy‟ari tebuireng Jombang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Jahroh, S.Hi., M.Si
Uncontrolled Keywords: ImplementasiPeraturan Menteri Agama, Ma’had Aly
Subjects: Tafsir Hadist
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:24
Last Modified: 18 Sep 2017 04:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item