EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SL TPLB/B BAKTI PUTRA GUNUNG KIDUL

IKAWATI YUFAIDAH, NIM. 99414183 (2003) EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SL TPLB/B BAKTI PUTRA GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SL TPLB/B BAKTI PUTRA GUNUNG KIDUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SL TPLB/B BAKTI PUTRA GUNUNG KIDUL)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162MB)

Abstract

A. Kesimpulan Setelah menganalisa data yang diperoleh da1am penelitian di SL TPLB/B Bakti Putra, peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Metode demonstrasi eksperimen telah dilaksanakan dengan baik oleh guru PAI di SL TPLB/B Bakti Putra khususnya pokok bahasan ibadah. Metode demonstrasi eksperimen ini oleh guru PAI digunakan untuk: pengajaran wudlu dan sholat atau ibadah yang bersifat praktis saja. 2. Dalam penilaian, guru P AI di SL TPLB/B ini melihat dari dua sisi. Yang pertama, dari segi kuantitatif yaitu penilaian dengan melihat basil-basil tes yang berupa angka. Seperti tes praktik sholat dan wudlu maupun tes tertulis. Yang kedua, penilaian dari segi kualitatif Caranya dengan melihat perilaku beribadah siswa. Apakah siswa semakin rajin sholat beijamaah di sekolah ataukah tidak setelah diajarkannya materi wudlu dan sholat tersebut. 3. Penerapan metode demonstrasi eksperimen pada pembelajamn ibadah di SL TPLB/B Bakti Putra sangat tepat dan efektif Hal ini dikarenakan metode demonstrasi eksperimen ini sesuai dengan kondisi fisik anak tunarungu yang sering disebut anak visual yang cenderung lebih mudah meniru dan menerapkan dari apa yang dilihatnya daripada apa yang didengamya. Keefektifan tersebut bisa dilihat dari basil prestasi belajar PAI siswa melalui dokumentasi basil test praktik dengan nilai rata-rata 8,3. Dan juga dapat dilihat perilaku ibadah para siswa yang semakin meningkat setelah diajarkan materi wudJu dan sholat. Hal ini terbukti dari bertambah penuhnya mushola sekolah ketika diadakannya sholat dhuhur berjamaah setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs Sarjono M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islam, SL TPLB/B Bakti Putra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Aug 2017 09:47
Last Modified: 24 Aug 2017 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum