KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

SUDARMANTO, NIM. 99474167 (2005) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189MB)

Abstract

A. Kesimpulan Sebagai penutup maka dalam bagian ini penulis hendak merefleksikan uraian yang telah dibahas dalam bab-bab sebelumnya, yaitu dengan menjawab pertanyaan yang terumuskan dalam rumusan masalah di bagian pendahuluan, yaitu: 1. Konsep pendidikan Islam menurut Hasan Langgtilung yaitu dalam memberikan resolusi terkait dengan masalah dan tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di era dewasa ini. Hasan Langgulung mengusulkan strategi yang sepantasnya dilakukan dunia pendidikan yaitu dalam tiga hal: Tujuan, dasar-dasar, dan prioritas dalam tindakan. Dalam merumuskan teori pendidikan harus melibatkan tiga komponen utama yaitu tujuan-tujuan, kandungan, dan metode. Istilah kandungan disini diartikan sebagai bdang ilmu pengetahuan yang tersusun yang menjadi dasar segala aktivitas pendidikan kandungan itu hanyalah suatu jalan menuju tujuan. al-Qur'an dianggap sebagai asas daripada teori pendidikan Islam, maka prinsip-prinsip al-Qur'an merupakan bagaian yang tidak dapat dipisahkan dengan berbagai mata pelajaran yang membentuk sebuah kurikulum. 2. Berdasarkan deskripsi di atas, Langgulung telah memberikan kontribusi terkait dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini secara operasional diaplikasikan pada bidang kurikulum yang menghendaki pola integratif untuk menghasilkan out-put pendidikan Islam yang memiliki kepribadian integral-komprehensif dan dalam hal ini tampaknya pemikiran Hasan Langgulung tentang kurikulum masih relevan dengan konsep kurikulum yang sedang diterapkan di Indonesia yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Selain itu yang masuk kedalam sistem pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah Guru yang memiliki peran penting dalam pembentukan nilai dan sikap peserta didik, kemudian metode yang digunakan harus bervariasi disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Selanjutnya lingkungan merupakan salah satu faktor yang turut berperan dalam proses pendidikan bagi perkembangan peserta . didik dan administrasi lembaga pendidikan memiliki andil yang besar dalam keberhasilan proses pendidikan. Corak pemikiran pendidikan Langgulung dapat diklasifikasikan dalam aliran religius-rasional. Hal ini dapat dilihat dari konsepnya yang tidak membedakan "pentingnya" ilmu kealaman dan ilmu keagamaan atau dengan bahasa lain konsep yang ditawarkannya adalah konsep integralistik (non-dikotomis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Islam, Hasan Langgulung Dan Kontribusinya
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Aug 2017 10:09
Last Modified: 24 Aug 2017 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27324

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum