Pengembangan Worksheet Bioteknologi Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Fitoremediasi dengan Wetland System untuk Siswa SMA/MA Kelas XII

Iin Inayatun Nadhifah, NIM. 12680018 (2017) Pengembangan Worksheet Bioteknologi Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Fitoremediasi dengan Wetland System untuk Siswa SMA/MA Kelas XII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Worksheet Bioteknologi Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Fitoremediasi dengan Wetland System untuk Siswa SMA/MA Kelas XII)
12680018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Worksheet Bioteknologi Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Fitoremediasi dengan Wetland System untuk Siswa SMA/MA Kelas XII)
12680018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tanaman eceng gondok, genjer, dan semanggi sebagai fitoremediator dengan wetland system dalam pengolahan air limbah domestik, mengembangkan media pembelajaran worksheet bioteknologi pengolahan limbah cair untuk siswa SMA/MA kelas XII serta untuk mengetahui kualitas media pembelajaran tersebut agar layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fitoremediasi dengan wetland system dan penelitian pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE hanya pada Analyse, Design, Develop. Tahap pelaksanaan penelitian fitoremediasi diawali dengan pengukuran parameter air limbah yaitu pH, suhu, DO, BOD, dan TDS. Setelah itu dilakukan aklimatisasi tanaman pada reaktor yang berisi air dan wetland selama 1 minggu. Terdapat empat perlakuan (P1, P2, P3, dan P4) yang digunakan, yaitu P1: air limbah + wetland (sebagai kontrol), P2: air limbah + wetland + 1 eceng gondok, P3: air limbah + wetland + 1 genjer, P4: air limbah + wetland + 1 semanggi. Terdapat 2 kali pengulangan selama masa retensi 12 hari, 2 variasi pengenceran yaitu 10x dan 100x. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman genjer mampu meningkatkan kadar DO sebesar 50% dan menurunkan kadar BOD sebesar78%, serta tanaman semanggi mampu menurunkan kadar TDS sebesar 41,4%. Hasil penelitian tersebut dikembangkan dalam bentuk worksheet bioteknologi pengolahan limbah cair untuk siswa SMA/MA kelas XII. Data kualitatif hasil validasi worksheet berasal dari 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer dan uji coba berasal dari 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XII dari 2 SMA. Hasil penilaian worksheet menunjukkan kualitas “baik” menurut ahli media dengan presentase 79,167% dan “sangat baik” menurut ahli materi, peer reviewer, guru biologi dan siswa SMA dengan presentase ahli materi 90,556%; peer reviewer 86,567%; guru biologi 84,167%; dan siswa SMA 84,165%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa worksheet layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Bioteknologi, fitoremediasi, worksheet, wetland system

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM 2. Muhamad Wisnu, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Bioteknologi, fitoremediasi, worksheet, wetland system
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2017 09:24
Last Modified: 14 Sep 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum