Perbedaan Environmental Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata pada Pengelolaan Sampah dan Penghijauan

Ratri Wulandari, NIM. 12680019 (2017) Perbedaan Environmental Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata pada Pengelolaan Sampah dan Penghijauan. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Perbedaan Environmental Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata pada Pengelolaan Sampah dan Penghijauan)
12680019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Perbedaan Environmental Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata pada Pengelolaan Sampah dan Penghijauan)
12680019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat dan perbedaan kesadaran, pengetahuan, sikap, dan tindakan terhadap lingkungan siswa adiwiyata dan nonadiwiyata pada pengelolaan sampah dan penghijauan. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah adiwiyata (SMA N 1 Pengasih dan MAN 2 Wates) dan dua sekolah non-adiwiyata (SMA N 1 Girimulyo dan SMA N 1 Wates) sebanyak 198 sampel secara random sampling dari 404 populasi. Para siswa diberikan 35 soal kuesioner yang terdiri dari empat bagian. Bagian A mengukur kesadaran, bagian B pengetahuan, bagian C sikap dan bagian D tindakan terhadap lingkungan. Data kemudian dianalisis secara statistik menggunakan statistik deskriptif dan T-test Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi lingkungan antara siswa adiwiyata dan nonadiwiyata pada aspek kesadaran, pengetahuan, sikap dan tindakan memiliki tingkat yang sama. Sama-sama memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang rendah, tingkat pengetahuan lingkungan yang rendah, tingkat sikap lingkungan yang tinggi dan tingkat tindakan lingkungan yang sedang. Sementara itu, uji T-test Independent menunjukkan bahwa ada perbedaan kesadaran dan pengetahuan lingkungan siswa antara sekolah adiwiyata dan non-adiwiyata (Sig. < 0,05). Sedangkan, pada aspek sikap dan tindakan lingkungan siswa antara sekolah adiwiyata dan non-adiwiyata tidak ada perbedaan (Sig. > 0,05). Kata Kunci: Environmental literacy, adiwiyata, pengelolaan sampah, penghijauan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Environmental literacy, adiwiyata, pengelolaan sampah, penghijauan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:25
Last Modified: 15 Sep 2017 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum