KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA PENGHAFAL AL QUR’AN

MOH MUDRIK AL MAGHRIBI, NIM. 11710099 (2017) KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA PENGHAFAL AL QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA PENGHAFAL AL QUR’AN)
11710099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA PENGHAFAL AL QUR’AN)
11710099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan dinamika lanjut usia Penghafal Al Qur’an dalam meraih kebermaknaan hidup. Informan terdiri dari tiga orang yang berusia di atas 60 tahun dan menghafalkan Al Qur’an sejak usia remaja atau dewasa awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara semitersetruktur dengan teknik analisis data terdiri dari tahap kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebermaknaan hidup lansia penghafal Al Qur’an bersumber dari penghayatan nilai-nilai keagamaan yang terkandung di dalam Al Qur’an serta sikap terhadap kehidupan yang dimaknai sebagai ibadah kepada Allah swt. Kebermaknaan hidup lansia penghafal Al Qur’an adalah berupa nilai-nilai spiritual, sikap pengendalian diri, nilai kebersyukuran, kebertanggungjawaban, pengabdian kepada masyarakat, bergaul, berbagi, dan berjuang bersama masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. Maya Fitria, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Kebermaknaan Hidup, Lansia, Penghafal Al Qur’an
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:45
Last Modified: 15 Sep 2017 02:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item