EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA

Juni Ismawan, NIM. 11690007 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA)
11690007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA)
11690007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Portofolio untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran berbasis masalah disertai portofolio serta variabel terikat berupa hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sempel dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan instrumen berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan statistik parametrik yaitu uji-t, normalized gain (n-gain) serta effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah disertai portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori, perbedaan rata-rata skor posttest kelompok eksperimen dan kontrol yang ditunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,036 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Pembelajaran berbasis masalah disertai portofolio efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dalam materi gerak lurus. Jumlah siswa yang lulus dengan nilai ≥ 65 sebanyak 26 siswa (83,87%) dan nilai N-gain kelas eksperimen (0,721) lebih besar dari nilai N-gain kelas kontrol (0,638), klasifikasi N-gain pada kelas eksperimen berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan klasifikasi N-gain kelas kontrol berada pada klasifikasi sedang. Effect size berada pada klasifikasi sedang yaitu 0,49. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, portofolio, hasil belajar, gerak lurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widayanti, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, portofolio, hasil belajar, gerak lurus.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 12:47
Last Modified: 15 Sep 2017 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum