PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI POKOK BAHASAN DINAMIKA PARTIKEL KELAS X SMA/MA

Suseto Yogo Utomo, NIM. 11690050 (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI POKOK BAHASAN DINAMIKA PARTIKEL KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI POKOK BAHASAN DINAMIKA PARTIKEL KELAS X SMA/MA)
11690050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI POKOK BAHASAN DINAMIKA PARTIKEL KELAS X SMA/MA)
11690050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi pokok bahasan dinamika partikel untuk kelas X SMA/MA dengan menganalisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum 2013 (2) mengetahui kualitas modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi pokok bahasan dinamika partikel untuk kelas X SMA/MA (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan terhadap modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi pokok bahasan dinamika partikel untuk kelas X SMA/MA. Modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi ini dikembangkan dengan cara observasi di MAN Purwodadi didapatkan need asessment yaitu bahan ajar fisika bermuatan nilai islami, studi literatur, validasi, revisi, peniliaian, respon peserta didik, keterlaksanaan. Metode penelitian adalah R&D dengan model prosedural, yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel, and Semmel dengan 4 tahap penembangan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop pada ujicoba luas. Teknik pengumpulan data berupa angket respon peserta didik, validasi, penilaian, keterlaksanaan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket respon peserta didik, lembar validasi, lembar penilaian oleh ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, guru fisika, lembar keterlaksanaan. Kualitas modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi pokok bahasan dinamika partikel kelas X SMA/MA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru fisika termasuk kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,62; 3,55; 3,43; 3,55. Respon peserta didik terhadap modul fisika bermuatan integrasi-interkoneksi pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala luas diperoleh hasil sangat setuju (SS) dengan skor rata-rata 3,35; 3,27. Uji keterlaksanaan modul pada ujicoba lapangan skala kecil adalah 67% terlaksana, dan yang tidak terlaksana adalah mengerjakan soal kuis secara individu, melaksanakan kegiatan perobaan, mengerjakan soal uji kompetensi di akhir pertemuan, dan menyimpulkan materi yang dipelajari. Uji keterlaksanaan modul pada uji coba lapangan skala besar adalah 80% terlaksana, dan yang belum terlaksana adalah mengerjakan soal kuis secara individu, melaksanakan kegiatan percobaan, mengerjakan soal uji kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar mandiri untuk peserta didik MAN Purwodadi. Kata kunci : Modul Fisika, Integrasi-Interkoneksi, Dinamika Partikel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Modul Fisika, Integrasi-Interkoneksi, Dinamika Partikel
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 13:14
Last Modified: 15 Sep 2017 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum