PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL POKOK BAHASAN HUKUM GRAVITASI NEWTON

Teteh Reni Nurfatimah, NIM. 13690019 (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL POKOK BAHASAN HUKUM GRAVITASI NEWTON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
13690019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text
13690019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) merupakan salah satu model pembelajaran yang didalamnya terdapat proses penemuan konsep-konsep fisika yang diperoleh melalui berbagai bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton. 2) Peningkatan keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan pretest-postest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) serta variabel terikat keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest dan lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t, uji Normalized Gain (N-Gain) dan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton (taraf signifikansi (sig.2- tailed) = 0,00 < α =0,05; maka Ha diterima dan Ho ditolak). 2) Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton ditunjukkan dengan hasil NGain kelas eksperimen 0,41 (sedang) > N-Gain kelas kontrol 0,25 (rendah) serta hasil analisis persentase rata-rata aspek keterampilan proses sains dari 80,76%- 82,60% dengan peningkatan 2%. Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Keterampilan Proses Sains, Hukum Gravitasi Newton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Keterampilan Proses Sains, Hukum Gravitasi Newton.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 13:26
Last Modified: 15 Sep 2017 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum