Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta

Muhammad Rozaq Darmawan, NIM : 1320410083 (2017) Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
1320410083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1320410083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta.. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan bi’ah lugawiyyah di asrama ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta serta seberapa efektif kegiatan tersebut dalam pembelajaran Bahasa Arab. Yang menjadi subjek data dalam penelitian ini adalah santriwati, guru bahasa Arab, Pengasuh dan Pengurus Bahasa, beserta Direktur Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini, adalah adanya kegiatan-kegiatan biah lugawiyyah yaitu: Menciptakan lingkungan berbahasa di dalam wilayah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam dengan Program wajib bahasa, Adanya kegiatan bahasa seperti pemberian mufradat harian, pengulangan mufradat, muhadas\ah, listening, dan qira’atul kutub. Adanya lomba dalam kegiatan bahasa, yaitu: lomba cerdas cermat berbahasa Arab. Adanya pemantauan terhadap kegiatan-kegiatan tersebut dengan membuat peraturan bagian Bahasa dan hukuman bagi pelanggar, dan untuk meninjau perkembangan kegiatan-kegiatan tersebut maka diadakan evaluasi bahasa. Secara umum kegiatan biah lugawiyyah di asrama ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, masuk dalam kategori Efektif dalam pembelajaran bahasa Arab, baik dari segi mufradat, istima’, kalam, qira‘ah, maupun kitabah. Namun demikian, kategori Efektif di sini masih satu tingkat di bawah kategori Sangat Efektif. Dalam pelaksanaannya, peneliti masih menemukan beberapa kendala yaitu: kegiatan kurang menarik, kurangnya kesadaran pengurus dalam mentaati peraturan kegiatan, fasilitas yang kurang memadai, serta ketatnya kegiatan lain di dalam pesantren. Peneliti juga menemukan upaya pengurus dalam mengatasi kendala ini, diantaranya: membuat kegiatan menjadi semenarik mungkin, melaksanakan kegiatan tepat waktu, juga mengadakan rapat evaluasi setiap kegiatan. Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam tesis ini bisa memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi semua pihak. Kata Kunci : Biah Lugawiyyah , Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Biah Lugawiyyah , Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2017 09:20
Last Modified: 18 Sep 2017 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum