KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA REFORMASI YANG DIORENTASIKAN PADA PERBAIKAN KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HUDA SETUGU PANEKAN MAGETAN)

Hudan Ngisa Anshori, NIM: 1420411171 (2017) KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA REFORMASI YANG DIORENTASIKAN PADA PERBAIKAN KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HUDA SETUGU PANEKAN MAGETAN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA REFORMASI YANG DIORENTASIKAN PADA PERBAIKAN KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HUDA SETUGU PANEKAN MAGETAN))
1420411171_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA REFORMASI YANG DIORENTASIKAN PADA PERBAIKAN KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HUDA SETUGU PANEKAN MAGETAN))
1420411171_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hudan Ngisa Anshori. NIM: 1420411171. Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Reformasi Yang Diorentasikan Pada Perbaikan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MI Nurul Huda Setugu Panekan Magetan). Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen Kebijakan Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dan dinamis dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Di Indonesia pengembangan kurikulum sering dilakukan demi mewujudkan tujuan pendidikan. Dari perubahan kurikulum tersebut justru menimbulkan kebingungan dikalangan akademisi dan lembaga pendidikan. Dari kebingungan tersebut banyak lembaga yang mengembangkan kurikulumnya sesuai visi misi lembaga tersebut. Salah satunya adalah MI Nurul Huda Setugu Panekan Magetan. Pada masa reformasi selain mengikuti kurikulum pemerintah MI ini juga mengintegrasikan kurikulumnya dengan madrasah diniyah. Berdasarkan kegelisahan tersebut di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskrepsikan 1) kebijakan pendidikan Islam yang diimplementasikan pada kurikulum MI Nurul Huda, 2) kurikulum pendidikan Islam di MI Nurul Huda, 3) perubahan kurikulum di MI Nurul Huda, 4) dampak yang ditimbulkan dari perubahan kurikulum di MI Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan teori Hoodwood dan Gun untuk menganalisis implementasi kebijakan kurikulum pada MI Nurul Huda. Teori ini berpendapat, dalam mengimplementasikan kebijakan diperlukan beberapa syarat dan mendasarkan pada konsep manajemen strategis yang mengarah pada praktik manajemen yang sistematis serta tidak meninggalkan kaidah pokok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data; dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada KBK lembaga menemui kesulitan karena berdampak pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Sedangkan pada KTSP lembaga bisa mengembangkan kurikulum sesuai dengan keadaan lingkungan lembaga. (2) Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Huda Setugu mengikuti ketentuan yang dikeluarkan pemerintah, yaitu pada KBK 2004 terintegrasi dengan pelajaran yang lain. Sedangkan pada KTSP semua mata pelajaran sesuai dengan bidang studi. (3) Latar belakang perubahan kurikulum pada era reformasi muncul karena adanya beberapa permasalahan terkait implementasi, kurangnya sosialisasi dan training dari pemerintah, khususnya pada sekolahan swasta di pedesaan. (4) Dampak yang ditimbulkan dari perubahan kurikulum tampak pada manajemen perencanaan dan pelaksanaan yang meliputi pembelajaran, pengaturan jadwal, penilaian, dan penulisan rapornya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kurikulum PAI, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:10
Last Modified: 14 Nov 2017 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum