STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO

Putri Kurnia Wahidah, NIM: 1520410004 (2017) STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO)
1520410004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO)
1520410004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Putri Kurnia Wahidah, Studi Evaluatif Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2017. Bahasa Arab menjadi persoalan krusial di lingkungan pondok pesantren karena hampir seluruh literatur yang digeluti para santri menggunakan bahasa Arab sebagai mediumnya. Tetapi meskipun bahasa Arab telah diajarkan sejak dini, namun belum sepenuhnya dikuasai oleh santri. Permasalahan tersebut juga terjadi pada pembelajaran bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar, sehingga diperlukan analisis dan evaluasi terhadap sistem pembelajaran bahasa Arab yang ada. Dari latar belakang masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan pencapaian hasil sistem pembalajaran bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran langsung dari sistem pembelajaran bahasa Arab yang ada. Dalam mengevaluasi sistem pembelajaran ini penulis menggunakan model evaluasi Countenance Stake, model ini mengevaluasi komponen-komponen sistem pembelajaran yang disajikan dalam tiga fokus, yaitu: anteseden (persiapan), transaksi (proses), dan hasil. Setiap fokus dievaluasi berdasarkan matriks Countenance Stake yang meliputi rencana (intent), observasi (implementasi), standar dan pertimbangan. Berdasarkan analisis dan evaluasi, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang ada, guru di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar membuat i’dād al-tadrīs dalam bentuk bahasa Arab guna mendukung kegiatan belajar mengajar bahasa Arab yang ada, karena seluruh literatur dan pelaksanaan pembelajarannya menggunakan bahasa Arab sebagai mediumnya. Penggunaan bahasa Arab sebagai medium pembelajaran ini guna secara langsung mengasah kemampuan empat maḥārah santri. Dalam mengevaluasi kemampuan bahasa Arab santri baik teoritik atapun praktik, guru melakukan evaluasi pembelajaran dalam bentuk ujian lisan (imtiḥān syafahī) dan ujian tulis (imtiḥān taḥrīrī), sehingga penilaian kemampuan bahasa Arab santri lebih komprehensif. 2) Pencapaian hasil sistem pembelajaran ini terlihat dari kemampuan santri dalam menguasai bahasa Arab reseptif (maharoh al-istima’ dan maharoh al-qiroa’h) maupun produktif (maharoh al-kalam dan maharoh al-kitabah). Dalam penguasaan bahasa Arab santri tidak terlepas dari permasalahan linguistik bahasa Arab, yang menyebabkan masih terdapat kesalahan dalam berbahasa. Melihat pencapaian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo sudah memberi manfaat kepada santri, tetapi masih terdapat beberapa komponen yang harus direvisi untuk mengoptimalkan penguasaan bahasa Arab santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sistem Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 04:10
Last Modified: 14 Nov 2017 04:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item