IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI-NILAI KH.HASYIM ASY’ARI DI MADRASAH MU’ALLIMIN PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG

Imam Mundzir Al Asy’Ari, NIM : 1520410009 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI-NILAI KH.HASYIM ASY’ARI DI MADRASAH MU’ALLIMIN PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI-NILAI KH.HASYIM ASY’ARI DI MADRASAH MU’ALLIMIN PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG)
1520410009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI-NILAI KH.HASYIM ASY’ARI DI MADRASAH MU’ALLIMIN PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG)
1520410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB)

Abstract

Imam Mundzir Al Asy’ari,. “Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai KH.Hasyim Asy’ari di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang”. Tesis Program Magister (S2) Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing Dr. H. Maksudin, M.Ag. NIP.19600716 199103 1 00. Perkembangan zaman yang semakin maju dan dampak negatifnya menimbulkan pelbagai masalah pendidikan. Salah satunya kemerosotan moral para peserta didik. Disisi lain pendidikan di Indonesia masih banyak yang hanya menekankan aspek kognitif dan tidak menyertai dengan penanaman nilai-nilai moral. Padahal nilai-nilai moral merupakan modal utama untuk dapat membentengi mereka dari efek negatif kemajuan zaman. Pesantren Tebuireng sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia menjadikan nilai-nilai filosofi pendirinya yaitu KH.Hasyim Asy’ari sebagai bagian dari sistem pendidikan di pesantren Tebuireng. Nilai-nilai filosofi KH.Hasyim Asy’ari diimplementasikan di Madrasah Mu’allimin yang merupakan madrasah dibawah naungan Pesantren Tebuireng. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (a) Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari dan nilai-nilai apa yang diimplementasikan di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang ? (b) Mengapa pendidikan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari diimplementasikan di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang ? (c) Bagaimana implementasi pendidikan nilainilai KH.Hasyim Asy’ari di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang ? (d) Bagaimana strategi dan pendekatan yang diterapkan dalam pendidikan nilainilai KH.Hasyim Asy’ari di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang dan (e) problematika yang terjadi di dalam implementasi pendidikan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang ? Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Yang dimaksud dengan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari yang diimplementasikan di Madrasah Mu’allimin Pesantren Tebuireng Jombang adalah nilai keikhlasan, kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, toleransi atau tasammuh. Nilai-nilai yang ditanamkan adalah nilai-nilai madrasah atau terkenal dengan istilah panca abdi dan nilai-nilai yang bersumber dari materi kitab kuning (b) Alasan pendidikan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari diimplementasikan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari adalah karena nilainilai KH.Hasyim Asy’ari merupakan ajaran Nabi Muhammad (c) Implementasi pendidikan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari terdapat di kegiatan keseharian para santri, kegiatan pembelajaran kitab kuning dan kegiatan kesiswaan santri (d) strategi yang sering dipergunakan adalah strategi keteladanan dan strategi tradisional (e)Problematika yang terjadi di dalam implementasi pendidikan nilainilai KH.Hasyim Asy’ari adalah efek negatif dari globalisasi yang telah memasuki bilik-bilik pesantren, sehingga mempengaruhi pendidikan nilai-nilai KH.Hasyim Asy’ari yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H.Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai dan Pendidikan Nilai serta Nilai-Nilai KH.Hasyim Asy’ari
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:10
Last Modified: 14 Nov 2017 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum