MODEL MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN (Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra Yogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul)

Ismail Rosyid, NIM: 1520410030 (2017) MODEL MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN (Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra Yogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN (Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra Yogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul))
1520410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN (Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra Yogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul))
1520410030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (51MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah 1) adanya kegelisahan peneliti dalam melihat fenomena yang ada di Indonesia khususnya, bahwa Negara Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam bahkan umat Islam terbesar di dunia, namun sangat disayangkan dari jumlah tersebut hanya sebagian kecil sekitar 20% saja yang mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar. 2) Kebutuhan Negara Indonesia akan orang-orang huffāẓ yang akan menjaga kelestarian dan keotentikan al-Qur’ān sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Lembaga Pentaṣḥīḥ al-Qur’ān (LPMA). 3) Meskipun saat ini banyak bermunculan lembaga baru yang menyelenggarakan program taḥfīẓ, namun kebanyakan outputnya hanyalah semacam pengenalan, atau sekedar mampu menghafal namun belum menguasai (mutqīn). 4) Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu (PPTQS) dan Pondok Pesantren An-Nur merupakan dua lembaga corak lama dan corak baru yang menerapkan model mastery learning dalam taḥfīẓ. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis deskriptif-kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan (to discribe) fenomena yang terjadi pada model mastery learning yang diterapkan di kedua lembaga tersebut, juga untuk mengetahui problematika yang ada dalam pembelajaran. Data-data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Analisis didukung dengan metode komparasi untuk membandingkan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan di kedua lembaga tersebut serta memperlihatkan aspek-aspek persamaan dan perbedaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mastery learning diterapkan di PPTQS dan PP An-Nur dalam pembelajaran al-Qur’ān dan taḥfīẓ melalui aspek-aspek yang mendukungnya baik dari tujuan pembelajaran, materi, metode, strategi maupun sistem evaluasinya. Keduanya mempunyai tujuan yang sama untuk mewujudkan santri yang tidak hanya sekedar pernah menghafal al-Qur’ān namun berkualitas mutqin-kuat baik dari segi hafalan maupun bacaan. Juga untuk membentuk pribadi santri yang selalu dekat dengan al-Qur’ān, dengan harapan dalam kehidupannya selalu diwarnai dengan al-Qur’ān dan mampu mengamalkan isi kandungannya. Dari segi materi memiliki kesamaan dengan target 1-2 hlm per hari (kisaran 3-5 juz) per tahun. Metode yang digunakan juga ada kemiripan di PPTQS menggunakan talaqqī, ziyādah, murāja’ah, one hour tilawah, dan di PP An-Nur menggunakan talaqqī, setoran, murāja’ah, mudārasah. Begitu juga kesamaan strategi yang diterapkan menggunakan program berjenjang, di PPTQS mulai dari pra-taḥsīn, taḥsīn, serta taḥfīẓ, adapun di PP An-Nur mulai bimbingan, marḥalah bin naẓri dan marḥalah bil ḥifẓi. Perbedaan yang ada pada model mastery learning di kedua pondok tersebut terletak hanyalah pada bentuk proses pelaksanaan aspek-aspek pembelajaran tersebut, seperti klasikal ataupun individual, juga evaluasi dengan sistem sambung ayat di PPTQS dan membaca keseluruhan di PP An-Nur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: mastery learning, taḥfīẓ al-Qur’ān
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:11
Last Modified: 14 Nov 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum