PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA RAUḌAH LUGAH ARABIYAH PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH DAERAH LATEE II SUMENEP JAWA TIMUR (STUDI EVALUATIF PERSPEKTIF MODEL CIPP)

Shatitin Nashihah As’ad, NIM: 1520410033 (2017) PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA RAUḌAH LUGAH ARABIYAH PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH DAERAH LATEE II SUMENEP JAWA TIMUR (STUDI EVALUATIF PERSPEKTIF MODEL CIPP). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA RAUḌAH LUGAH ARABIYAH PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH DAERAH LATEE II SUMENEP JAWA TIMUR (STUDI EVALUATIF PERSPEKTIF MODEL CIPP))
1520410033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA RAUḌAH LUGAH ARABIYAH PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH DAERAH LATEE II SUMENEP JAWA TIMUR (STUDI EVALUATIF PERSPEKTIF MODEL CIPP))
1520410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nama : Shatitin Nashihah As‟ad Judul : Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Rauḍah Lugah Arabiyah Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Latee II Sumenep Jawa Timur (Studi Evaluatif Perspektif Model CIPP) Beberapa fakta yang dilihat oleh peneliti setelah melakukan riset dini di lembaga Rauḍah Lugah Arabiyah PP Annuqayah Daerah Latee II menjadi latar belakang penelitian ini. Pertama, lembaga RLA adalah salah satu lembaga semi otonom di PP Annuqayah yang bisa dikategorikan sebagai daerah tertinggal dan terpencil. Kedua, lembaga RLA merupakan lembaga yang memiliki keterbatasan manajerial dan fasilitas. Ketiga, lembaga RLA kurang menerapkan analisis kebutuhan terhadap perumusan program pembelajaran. Keempat, lembaga RLA merupakan lembaga berprestasi. Fakta-fakta tersebut menjadi menarik jika dipertemukan dan dicari jawabannya. Dari latar belakang masalah di atas penelitian ini mengangkat rumusan masalah Bagaimana desain pembelajaran bahasa Arab di lembaga RLA Pondok Pesantren Annuqayah daerah Latee II Sumenep Jawa Timur, bagaimana pelaksanaan program pembelajarannya dan bagaimana hasil pelaksanaan program pembelajarannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran yang sistematis. Peneliti menggunakan model evaluasi CIPP yang ditawarkan oleh Stufflebeam dimana model ini memuat empat aspek penilaian Context, Input, Process, dan Product. Dari beberapa teori yang didapatkan kemudian penulis menganalisa hasil penelitian. Berdasarkan analisa hasil penelitian disimpulan bahwa (a) desain pembelajaran bahasa Arab di lembaga RLA terdiri dari tujuan, materi, metode, dan evaluasi, (b) pelaksanaan pembelajaran di lembaga RLA menggunakan bahasa Arab baik kegiatan yang klasikal maupun kegiatan keseharian di asrama, (c) Hasil pelaksanaan program pembelajaran bahasa arab di lembaga RLA tidak seluruhnya memuaskan. Ada beberapa program yang pelaksanaannya kurang terstruktur sehingga pengelolaan kelasnya kurang optimal. Sehingga kesimpulan yang bisa diambil adalah sebagian besar program lembaga RLA masih relevan untuk tetap dilanjutkan, sebagian kecil direvisi dan tidak ada program yang harus dihentikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:11
Last Modified: 14 Nov 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum