DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan)

Nurul Fauziah, NIM: 1520410058 (2017) DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan))
1520410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan))
1520410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB)

Abstract

Nurul Fauziah, Nim. 1520410058, 2017, DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan), Tesis, Magister Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam, Pembimbing Dr. H. Sumedi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Pemikiran Pendidikan Islam yang menjadi sarana efektif untuk membantu peserta didik dalam upaya mengangkat, mengembangkan dan mengarahkan potensi pasif yang di milikinya menjadi aktif yang dapat teraktualisasi dalam kehidupannya secara maksimal. Pendidikan Islam bukan sarana yang berfungsi sebagai indoktrinasi pembentukan corak dan warna kepribadian, melainkan menjadi sarana yang efektif bagi terciptanya pengembangan kepribadian manusia ( muslim ) seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemikiran pendidikan Islam menurut Abdul Munir Mulkhan.(2) dinamika arah pemikiran pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan.(3) faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika pemikiran pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau literatur (Library Research). Dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis), tehknik pengumpulan data dilakukan menggunakan studi dokumentasi dari data-data kepustakaan yang berkaitan dengan topik penelitian, baik yang bersifat primer maupun skunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada dasarnya pemikiran pendidikan Islam merupakan komponen terpenting untuk membentuk dan mewarnai corak hidup masyarakat. Pendidikan Islam sangat penting bagi umat Islam karena dapat mempelajari ilmu pengetahuan dan yang lainnya. Abdul Munir Mulkhan mengatakan Pendidikan Islam harus memberi kesempatan atau peluang kepada semua orang di semua zaman untuk terlibat langsung dalam pendidikan Islam guna mengembangkan dirinya. Oleh karena itu pendidikan Islam harus memberi kewenangan kepada manusia untuk memikirkan dan menjalankan pemahamannya tentang Islam diatas prinsip keterbatasan dan kemampuan manusia tersebut. Selama ini pendidikan Islam di anggap tidak demokratis, karena hanya sekedar transfer of knowledge atau transfer of value. Sehingga murid hanya sekedar menerima nilai-nilai yang sudah ada tanpa bisa berfikir kritis dalam mengembangkan dirinya. Untuk itu pendidikan Islam haruslah pendidikan yang bisa memberikan kesempatan kepada semua murid untuk terlibat langsung dalam mengembangan pemikirannya, sehingga bisa menjadi manusia yang kritis dan kreatif. Dari beberapa pemikiran pendidikan Abdul Munir Mulkhan mengenai pendidikan Islam yang humanis, kritis, idealis, dan religius dapat memperkuat kerangka filosofis dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Pemikiran, Pendidikan Islam, Persyarikatan Muhammadiyah, Abdul Munir Mulkhan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 11:06
Last Modified: 17 Oct 2017 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum