PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP PENGALAMAN BERAGAMA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Dea Tara Ningtyas, NIM: 1520410061 (2017) PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP PENGALAMAN BERAGAMA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP PENGALAMAN BERAGAMA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
1520410061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP PENGALAMAN BERAGAMA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
1520410061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dea Tara Ningtyas, 2017. Pengaruh Kegiatan Keagamaan di Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pengalaman Beragama. Tesis Program Pascasarjana Fakultas tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Dr. Sumedi, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan: 1) seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah terhadap pengalaman beragama peserta didik. 2) Seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan di lingkungan keluarga terhadap pengalaman beragama peserta didiK. 3) Seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga terhadap pengalaman beragama peserta didik. 4) Implementasi kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga sehingga berpengaruh terhadap pengalaman beragama peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan survey. Subyek penelitian dipilih dengan Simple Random Sampling, sejumlah 115 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan cara statistic yakni menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan kegiatan keagamaan secara simultan terhadap pengalaman beragama sebesar 0.735, dengan koefisien determinasi 0.347, yang menunjukkan bahwa pengalaman beragama dipengaruhi oleh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah sebesar 34.7%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah terhadap pengalaman beragama sebesar 0.667, dengan koefisien determinasi 0.411, yang menunjukkan bahwa pengalaman beragama dipengaruhi oleh kegiatan kegamaan di lingkungan keluarga sebesar 41.1%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga terhadap pengalaman beragama dengan koefisien determinasi 0.413, yang menunjukkan bahwa pengalaman beragama dipngaruhi oleh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga sebesar 41.3%. 4) terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman beragama di luar variabel kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah ( ) dan kegiatan keagamaan di lingkungan keluarga ( ) yakni, motivasi internal peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengalaman beragama dapat ditingkatkan melalui kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga. Tetapi faktor-faktor lain turut juga mempengaruhi pengalaman beragama peserta didik. Saran yang diberikan penulis yakni meningkatkan program keagamaan yang sudah berjalan agar terus konsisten dan memperkuat budaya islami di lingkungan sekolah maupun keluarga, sehingga siswa lebih menghayati nilai-nilai agama yang diperbuatnya dan tidak menganggap hanya sebagai formalitas belaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Keagamaan di Sekolah, Keluarga dan Pengalaman Beragama
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 09:08
Last Modified: 11 Oct 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum