KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Tujuan Dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2004,2006 dan 2013)

Qoim Nurani, 1520410068 (2017) KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Tujuan Dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2004,2006 dan 2013). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Tujuan Dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2004,2006 dan 2013))
1520410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Tujuan Dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2004,2006 dan 2013))
1520410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Qoim Nurani, Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah (Analisis Tujuan dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2004-2013). Tesis: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam Program Magister Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, yang bukan sebagai masyarakat asli penutur bahasa Arab, mengalami orientasi yang berbeda-beda. Sedangkan pada prinsipnya pembelajaran bahasa Asing adalah mengedepankan sisi bahasa sebagai alat komunikasi, serta materi pembelajaran bahasa yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi dan kebutuhan orientasi peserta didik. Dalam sejarah kurikulum, perkembangan kurikulum di Indonesia telah mengalami tiga perubahan dalam satu dekade terakhir yakni pada kurikulum 2004, 2006 dan 2013. Maka fokus dalam penelitian ini adalah karakteristik tujuan dan materi pembelajaran bahasa Arab pada perkembangan kurikulum 2004, 2006, dan 2013 dilihat dari sudut pandang pendekatan komunikatif. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan karakteristik tujuan dan materi pembelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah pada kurikulum 2004, 2006 dan 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan sejarah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi dan telaah literatur. Adapun teknik analisis data, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Tujuan pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum 2004 tidak mengembangkan dan mengajarkan bahasa dengan fungsi reseptif dan produktif, dikarenakan hanya pada kemahiran berbicara, membaca dan menulis, kemahiran menyimak secara spesifik tidak masuk dalam tujuan dan kompetensi pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan pada kurikulum 2006 dan 2013 secara spesifik menyebutkan empat kemahiran berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pada kurikulum 2004 dan 2006 tujuan pembelajaran bahasa Arab mengarah pada penguasaan bahasa Arab secara reseptif dan produktif. Kedua, Materi pembelajaran kurikulum 2004 materi unsur unsur bahasa tidak mengandung unsur bahasa al-ashwat , hal itu menjadikan tidak adanya materi yang mengembangkan kemahiran menyimak. Dan dari segi kompetensi komunikatif terlalu banyak kompetensi gramatikal yang diajarkan menjadikan pembelajaran tidak komunikatif melainkan struktural. Sedangkan pada kurikulum 2006 dan 2013 mengalami perubahan dengan kaidah yang diajarkan lebih fungsional untuk mendukung penguasaan empat kemahiran berbahasa yang mengarah pada fungsi komunikasi bahasa secara respetif dan produktif. Ketiga, pendekatan komunikatif sangat penting sebagai dasar penyusunan tujuan dan materi pembelajaran bahasa Arab. Dengan didasari empat kompetensi komunikatif yakni kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana, dan kompetensi strategi yang bermuara pada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tujuan, Materi, Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:12
Last Modified: 14 Nov 2017 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum