PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

Andri Ardiansyah, NIM: 1520410069 (2017) PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG)
1520410069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG)
1520410069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh adanya suatu upaya dari Universitas Muhammadiyah Kupang untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada mahasiswa, baik Muslim maupun non-Muslim. Hal tersebut bertujuan untuk melanjutkan misi gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan. Penelitian ini merupakan studi kasus di Universitas Muhammadiyah Kupang, bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam di UMK, bagaimana bentuk kurikulumnya, dan strategi pengembangan pendidikan Islam. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan mengenai pendidikan Islam di tengah masyarakat non-Muslim (Kasus Universitas Muhammadiyah Kupang) adalah: (1) hakikat pendidikan Islam di UMK, menjadikan mahasiswa sadar akan dirinya sebagai hamba yang mampu mendekatkan diri kepada sang pencipta untuk menemukan nilai-nilai spiritualitasnya, (2) dasar pendidikan Islam adalah wahyu dalam hal ini Al-Qur’an dan As-Sunnah yang memang tidak pernah dipisahkan dari dunia pendidikan Islam, karena pendidikan Islam ini sangat luas dan kompleks sehingga memerlukan dalik-dalil syar’i untuk menjadi penguat dan menjadi tolak ukur dalam mengambil sebuah perkara. Dasar pendidikan Islam yang diterapkan oleh UMK adalah tidak jauh beda dengan dasar pendidikan yang sedang diterapkan oleh institusi-institusi pendidikan lain, karena sama-sama mengadopsi dari Al-Qur’an, Sunnah, dan ijtihad. Selain dari tiga sumber tersebut UMK juga menekankan nilai karakter, prilaku dan budaya yang Islami sehingga terbentuk karakter yang selalu berpikir rasional, (3) tujuan pendidikan Islam di UMK adalah idealitas (cita-cita) yang mengandung nilai-nilai Islami yang hendak dicapai dalam proses pendidikan yang berdasarkan ajaran Islam. Hasil penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi pengetahuan bagi praktisi dan pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan Islam, serta sebagai sumbangsih untuk memperkaya khazanah keilmuan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Zulkipli Lessy, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Masyarakat Non-Muslim, UMK
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Nov 2017 10:02
Last Modified: 15 Nov 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27411

Actions (login required)

View Item View Item