METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’AH DI KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA

Bintang Rosada, NIM: 1520411008 (2017) METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’AH DI KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’AH DI KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA)
1520411008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’AH DI KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA)
1520411008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bintang Rosada: Metode Pembelajaran Qirā’ah Di Kelas IX B SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Perspektif Albert Bandura, Tesis, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017. Maharotul qirā’ah adalah salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa arab di kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dengan fasilitas yang memadai dan kegiatan penunjang, nyatanya sebagaian siswa kelas IX b masih kesulitan dalam membaca teks berbahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran observasional teori kognitif sosial Albert Bandura serta implementasi dan relevansinya terhadap metode pembelajaran qirā’ah di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitiannya ialah metode pembelajaran qirā’ah di kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan angket. Tehnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa empat konsep pembelajaran observasional teori kognitif sosial Albert Bandura mencakup atensi, retensi, produksi dan motivasi. Adapun implementasinya terhadap metode pembelajaran qirā’ah di kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yaitu: a). atensi yaitu proses memusatkan perhatian siswa kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta terhadap pembelaran qirā’ah, dengan cara menggerakkan badan, pengucapan salam, bertanya, tes awal, mengubah tempat duduk, dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.b). retensi yaitu proses mentransfer ilmu kepada siswa kelas IX b dengan menggunakan rehersial (pengulangan), elaborasi (perluasan atau perincian), pemberian contoh, mengaitkan informasi baru dengan informasi lama, memberi kesempatan bertanya, catatan, penggunaan kata-kata sederhana, peta konsep, pengorganisasian kata-kata, dan kata kunci.c). produksi yaitu proses untuk melihat pencapain dan keberhasilan pembelajaran (umpan balik) di kelas IX b dengan menggunakan latihan tertulis, lisan dan praktik, tugas kelompok, pekerjaan rumah (PR), dan isyarat. d). Motivasi yaitu proses penguatan yang digunakan baik di awal, di tengah, atau di ahir pembelajaran qirā’ah siswa kelas IX b yang mencakup imbalan, perbandingan sosial, penanggung jawab, hukuman, pendengar yang baik, pujian dan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Adapun relevansinya ialah bahwa tujuan pembelajaran observasional teori kognitif sosial Albert Bandura mempunyai hubungan dengan metode pembelajaran qirā’ah di kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yaitu menciptakan respon akibat dari stimulus yang diberikan melalui pemodelan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa,Lc,M.Ag
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran qirā’ah, teori kognitif sosial Albert Bandura
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Nov 2017 10:02
Last Modified: 15 Nov 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum