PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF ESTEEM TERHADAP MINAT SERTA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS ALFIYYAH 2 PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH

Syarifudin Musthofa, NIM: 1520 41 1027 (2017) PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF ESTEEM TERHADAP MINAT SERTA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS ALFIYYAH 2 PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF ESTEEM TERHADAP MINAT SERTA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS ALFIYYAH 2 PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH)
1520411027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF ESTEEM TERHADAP MINAT SERTA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS ALFIYYAH 2 PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH)
1520411027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syarifudin musthofa. Pengaruh Self Concept dan Self Esteem terhadap Minat serta Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas Alfiyyah 2 Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yoyakarta. Jurusan Pendidikan Islam konsentrasi Pendidikan Agama Islam, fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017. Minat adalah perhatian, kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesuatu keinginan. Secara umum minat bisa disebut juga dengan ketertarikan. Setiap orang pasti memiliki keinginan tertentu yang hendak Ia wujudkan. Orang yang sudah memiliki minat tertentu akan rela menghabiskan waktu berhari-hari bahkan bertahun-tahun untuk mengejar minatnya tersebut. Prestasi merupakan sebuah hasil yang diperoleh dari hasil belajar seseorang yang tentu saja diminati oleh orang tersebut. Minat dan prestasi belajar tentulah dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor internalnya yaitu self concept dan self esteem. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif (survey research) terhadap 59 responden siswa kelas alfiyyah 2 pondok pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi perkembangan dengan cabang teori psikologi humanis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, interview, dan data dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara self concept, self esteem, minat dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) minat belajar siswa PP. Al Luqmaniyyah masuk kedalam kategori cukup, sedangkan prestasi belajar memiliki kecenderungan masuk kedalam kategori tinggi (2) self concept siswa PP. Al Luqmaniyyah memiliki kecenderungan masuk kedalam kategori cukup baik dan self esteem masuk kedalam kategori tinggi (3) self concept dan self esteem memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan minat belajar siswa pondok pesantren Al Luqmaniyyah (4) pengaruh tersebut tidak ditemukan keterkaitanya dengan prestasi belajar siswa kelas Alfiyyah 2 Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, S. Ag., M.A.,
Uncontrolled Keywords: self concept, self esteem, minat, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Oct 2017 15:35
Last Modified: 10 Oct 2017 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum