ANALISIS STRATEGI PENDANAAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI) OLEH DOMPET DHUAFA

Rizka Amalia Shofa, NIM: 1520411036 (2017) ANALISIS STRATEGI PENDANAAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI) OLEH DOMPET DHUAFA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PENDANAAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI) OLEH DOMPET DHUAFA)
1520411036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PENDANAAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI) OLEH DOMPET DHUAFA)
1520411036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB)

Abstract

Rizka Amalia Shofa, Analisis Strategi Pendanaan Pendidikan Menggunakan Dana Zakat Pada Program Sekolah Guru Indonesia Oleh Dompet Dhuafa. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap permasalahan pendanaan yang masih sering dikeluhkan oleh institusi pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui latar belakang dan mengetahui implementasi penggunaan dana zakat sebagai pendanaan pada program Sekolah Guru Indonesia, serta memotivasi lembaga pendidikan Islam agar terdorong memberdayakan zakat sebagai salah satu dana kebaikan ummat Islam untuk kepentingan kemajuan pendidikan islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kantor Sekolah Guru Indonesia dengan 7 orang responden. Penelitian ini menggunakan teknik snow ball sampling dan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, dan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Huberman fan Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Guru Indonesia yang secara garis besar adalah program pengiriman guru di daerah tertinggal, menggunakan dana zakat secara produktif karena guru yang ditempatkan dan menggerakkan masyarakat adalah termasuk ashnaf fii sabilillah. Proses pendanaan menggunakan zakat diawali dengan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT), pencairan dana zakat, penggunaan dana zakat oleh penerima manfaat (guru), pembuatan laporan kegiatan dan keuangan bulanan oleh penerima manfaat kepada Sekolah Guru Indonesia, untuk kemudian disusun oleh divisi keuangan Dompet Dhuafa Pendidikan agar siap diaudit, diserahkan kepada Dompet Dhuafa Filantropi atau pusat, dan siap dipublikasikan di website dan media cetak nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendanaan Pendidikan, Zakat, Zakat Produktif
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:58
Last Modified: 16 Oct 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum