PENGARUH BERMAIN PERAN PUPPET SHOW TERHADAP MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ„ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang)

Nurul Afifah, NIM: 1520411048 (2017) PENGARUH BERMAIN PERAN PUPPET SHOW TERHADAP MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ„ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BERMAIN PERAN PUPPET SHOW TERHADAP MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ„ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang))
1520411048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BERMAIN PERAN PUPPET SHOW TERHADAP MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ„ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang))
1520411048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Nurul Afifah : Pengaruh Bermain Peran Puppet Show terhadap Mahārah Al-Kalām dan Mahārah Al-Istimā‘ dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang) Tesis. Yogyakarta : Program Magister (S2), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang pada penelitian ini yaitu kurangnya perhatian pembelajaran bahasa Arab dibandingkan pelajaran eksak, karena Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 Semarang merupakan mata pelajaran muatan lokal, selain itu metode yang digunakan guru adalah metode konvensional. Dalam pembelajaran mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘, peserta didik hanya menirukan dan melafalkan apa yang diucapkan oleh guru, kemudian membacanya di depan kelas selain itu teks dapat dihafalkan dirumah, dan peserta didik dapat mempraktikkan di pertemuan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bermain peran puppet show, untuk mengetahui adanya perbedaan dan Pengaruh media pembelajaran puppet show terhadap mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 Semarang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan eksperimen, observasi, wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif yang menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ dilaksanakan dengan bermain peran puppet show, guru menjelaskan materi terlebih dulu, kemudian mempraktikan mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ dengan menggunakan puppet, dilanjutkan peserta didik mempraktikkan mahārah tersebut di depan kelas bersama temannya, dan guru mengevaluasi pembelajaran mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘, (2) terdapat perbedaan hasil pembelajaran mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ di kelas kontrol dan di kelas eksperimen, nilai mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ di kelas kontrol menunjukkan hasil yang cukup, dan di kelas eksperimen untuk nilai mahārah al-kalām sangat baik sedangkan nilai Maharah istima’ baik, (3) terdapat pengaruh pembelajaran mahārah al-kalām dan mahārah al-istimā‘ karena adanya hubungan timbal balik antara pembicara dan pendengar. Dalam pembelajaran mahārah al-istimā‘, audiens dapat mempraktikkan istimā‘ dengan menyaksikan puppet show. Dan dalam pembelajaran mahārah al-kalām, pemeran dapat mempraktikkan kalāmnya dengan menggunakan puppet show di depan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran Puppet Show, Mahārah Al-Kalām dan Mahārah Al-Istimā„
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 15:44
Last Modified: 11 Oct 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27424

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum