MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PONOROGO

Bayu Dwi Cahyono, S.Pd.I, NIM. 1520411056 (2017) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PONOROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PONOROGO)
1520411056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PONOROGO)
1520411056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (648kB)

Abstract

Bayu Dwi Cahyono, Manajemen Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan guna Peningkatan Kecakapan Hidup Bagi Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini berawal dari semakin kerasnya persaingan dunia kerja di era globalisasi seperti saat ini. Pendidikan kewirausahaan pondok pesantren bertujuan membekali para santrinya tentang kompetensi-kompetensi kewirausahaan guna peningkatan kecakapan hidup santri sebagai bekal kelak ketika sudah lulus dari pondok. Pendidikan kewirausahaan harus di-manage dengan baik dan kemudian dikembangkan sehingga dapat mencapai tujuan yang maksimal. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, indepth interview, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data digunakan analisis model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data; data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bidang kewirausahaan yang dikembangkan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo meliputi penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup berasrama santri. Pendidikan kewirausahaan dikemas dalam bentuk bagian-bagian organisasi dalam wadah Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) yang dijalankan oleh santri kelas 5 KMI. Sasaran utama kecakapan hidup yang ingin dicapai meliputi: kecakapan personal, kecakapan berfikir rasional dan kecakapan sosial. Proses manajemen pendidikan kewirausahaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo dapat dibagi menjadi 2 yaitu: Pendidikan kewirausahaan melalui OPPM bagi santri kelas 5 KMI dan program Ar-Rihlah Al-Iqtishadiyyah bagi santri kelas 6 KMI. Pola pengembangan manajemen pendidikan kewirausahaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo dapat dikelompokan menjadi : 1) Interaksi ke dalam 2) Interaksi ke luar 3) Kaderisasi 4) Ekonomi proteksi Mandiri. Sedangkan efektivitas dari manajemen pengembangan pendidikan kewirausahaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo dapat dilihat dari segi efisiensi internal, efisiensi eksternal, efektivitas internal dan efektivitas eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan kewirausahaan, kecakapan hidup, Pondok Modern Gontor
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:22
Last Modified: 16 Oct 2017 01:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item