ANALISIS MIKROSKOPIS DAN KANDUNGAN SENYAWA KIMIA JALU MAMPANG (Monstera sp) DALAM POTENSINYA SEBAGAI OBAT OSTEOARTITIS (REMATIK TULANG)

Martiwi, Ika Nugraheni Ari (2013) ANALISIS MIKROSKOPIS DAN KANDUNGAN SENYAWA KIMIA JALU MAMPANG (Monstera sp) DALAM POTENSINYA SEBAGAI OBAT OSTEOARTITIS (REMATIK TULANG). Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Nugraheni - Jalu Mampang.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Osteoartitis atau lebih dikenal dengan istilah rematik adalah suatu penyakit yang menyerang persendian. Persendian yang terdiri dari tulang rawan mengalami penghambatan perkembangan serta kerusakan berkaitan dengan penambahan usia terutama terjadi pada sendi – sendi tangan dan sendi besar yang menanggung beban seperti pada pinggul dan lutut. Penyakit ini banyak dialami oleh masyarakat di Indonesia, terutama pada usia lanjut, tetapi tidak menutup kemungkinan dijumpai pula pada usia – usia produktif yang disebabkan oleh obesitas dan kurangnya aktivitas berolah raga. Pengobatan secara medis pada pasien stadium awal dilakukan dengan pemberian suntikan senyawa tertentu untuk menambah cairan sinofium yang berfungsi sebagai pelumas pada persendian. Cairan ini cukup mahal untuk setiap cure nya, padahal biasanya diperlukan lebih dari satu kali suntikan. Osteoartitis diklaim belum memiliki obat spesifik untuk dapat mengembalikan perkembangan optimal tulang rawan, sehingga ketergantungan pasien penderita pada suntikan senyawa yang berisi cairan asam herononik mutlak terjadi. Tingginya biaya yang harus dikeluarkan dalam perawatan pasien osteoartitis ini mendorong dilakukannya kajian – kajian secara etnobotani kearifan lokal untuk mencari obat herbal alternatif dalam mengatasi penyakit osteoartitis. Kajian Etnobotani ini memungkinkan dilakukan di Indonesia, dimana Indonesia merupakan Negara terkenal dengan megabiodiversitinya. Dalam keanekaragaman tersebut diperkirakan 1300 jenis tumbuhan berkhasiat sebagai obat (Zuhud, dkk., 1994). Yogyakarta merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang sebagian masyarakatnya bepegang pada nilai –nilai tradisi. Tradisi yang meliputi semua bidang kehidupan mulai dari kemasyarakatan, sosial, spiritual dan tak terkecuali di bidang pengobatan. Pengobatan yang berdasar pada pengalaman masa lalu dan warisan nenek moyang masih digunakan sebagai solusi utama dalam pengobatan. Salah satu cara pengobatan osteoartitis dilakukan secara alami dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang hidup di daerah sekitarnya. kelompok masyarakat yang masih konsisten menggunakan pengobatan dengan cara ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah Kabupaten Bantul, kecamatan Banguntapan, desa Batu retno dusun pelem lor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mikroskopis, Jalu Mampang
Subjects: Tanaman
Divisions: Penelitian > 2. Mahasiswa
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Oct 2017 13:45
Last Modified: 03 Oct 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item