EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BACA TAHSIN HAFALAN AL-QUR’AN (BTHQ) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

Ulfa Ainul Mardhiyah, NIM: 1420421016 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BACA TAHSIN HAFALAN AL-QUR’AN (BTHQ) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BACA TAHSIN HAFALAN AL-QUR’AN (BTHQ) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
1420421016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BACA TAHSIN HAFALAN AL-QUR’AN (BTHQ) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
1420421016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ulfa Ainul Mardhiyah.1420421016. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BACA, TAHSIN, HAFALAN Al-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’A N PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA” Pembelajaran Baca, Tahsin dan Hafalan Al-Qur’an (BTHQ) merupakan muatan khusus di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta, program BTHQ diharapkan mampu membantu siswa siswi SDIT Lukman Al Hakim untuk tidak hanya memiliki kemampuan akademik dalam bidang mata pelajaran yang diajarkan saja, namun juga mampu memiliki bekal yang baik dalam bidang qur’ani, mulai dari membaca, menghafal serta mengamalkan. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif menekankan pada efektivitas pencapaian program yang berupa produk tertentu. Objek penelitian ini ialah program pembelajaran BTHQ di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Subyek penelitian ini ialah guru Al-Qur’an dan siswa-siswi SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Baca,Tahsin, dan Hafalan Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, evaluasi konteks : program kegiatan BTHQ terlaksana sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan anggaran yang tersedia, program BTHQ memiliki tujuan yang jelas sesuai dengan kebutuhan lapangan. Kedua, evaluasi input: input yang digunakan: guru, sarana prasarana, perangkat lembaga yang berupa struktur organisasi, peraturan, program, dan rancangan, terahir harapan-harapan seperti visi, misi dan tujuan. Kualifikasi dan kompetensi guru yang sesuai kebutuhan dilapangan. Ketiga, evaluasi proses : Setiap kegiatan BTHQ mendapatkan alokasi waktu yang cukup. Prosedur kegiatan pembelajaran mengacu pada 4 prinsip yakni mudah, ceria, mulia dan berpahala. Input yang digunakan cukup mampu mendukung proses pelaksanaan dan pencapaian tujuan dari program BTHQ. Kelemahan dari pelaksanaan program BTHQ:1) ketersediaan guru yang masih kurang. 2) monitoring yang masih belum terlaksana secara rutin. Keempat, evaluasi produk 95% siswa lulusan SDIT Luqman Al-Hakim sudah mencapai target yang direncanakan secara tepat waktu, sedangkan 5% siswa lulusan SDIT Luqman Al-Hakim belum mampu mencapai target hafalan secara tepat waktu. Kelima, upaya dalam peningkatan motivasi menghafal : guru menciptakan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik, pembelajaran tajwid dengan beberapa selingan shalawat, pemutaran kaset murottal, gerakan maghrib mengaji, muraja’ah, dan pesantren tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, BTHQ, Hafalan Al-Qur’a>n
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:23
Last Modified: 16 Oct 2017 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum