FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PROFESIONAL GURU DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA

ROSIDAH, NIM. 1520420002 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PROFESIONAL GURU DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PROFESIONAL GURU DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA)
1520420002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PROFESIONAL GURU DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA)
1520420002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (628kB)

Abstract

ROSIDAH. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja profesional guru di MI Ma’arif Bego, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) masih banyaknya guru yang belum menguasai karakteristik anak, (2) masih banyak guru yang belum menguasai metode serta media dalam proses pembelajaran. (3) belum adanya tindakan para guru untuk mengatasi siswa yang bermasalah dalam hal karakteristiknya. Hal ini menggelitik peneliti apa sesungguhnya yang mempengaruhi kinerja guru disana, padahal pada tahun 2016, MI Bego termasuk MI Akreditasi terbaik tingkat se- DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan analisis deskriptif. Teori yang dipakai terdiri dari 5 aspek yaitu: (1) Penguasaan terhadap karakteristik anak, (2) Penguasaan Kurikulum, (3) Metode Instruksional, (4) Penguasaan Media, (5) Penguasaan dalam Asesmen Pembelajaran.1 Hasil penelitian ini dengan rincian sebagai berikut: (1) Variabel umur (x1) memiliki nilai t hitung 3,250, sig t 0,006 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x1 berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (2) Variabel jenis kelamin memiliki nilai t hitung 2,599, sig t 0,022 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel jenis kelamin (x2) berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (3) Variabel gaji memiliki nilai t hitung 2,683, sig t 0,019 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel gaji (x3) berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (4) Variabel jabatan memiliki nilai t hitung 2,697, sig t 0,018 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x4 berpengaruh kinerja profesional guru (Y). (5) Variabel pelatihan memiliki nilai t hitung 5,090, sig t 0,000 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x5 berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (6) Variabel pengalaman kerja memiliki nilai t hitung 3,536, sig t 0,004 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x6 berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (7) Variabel etos kerja memiliki nilai t hitung 3,087, sig t 0,009 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x7 berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). (8) Variabel potensi kinerja profesional memiliki nilai t hitung 2,938, sig t 0,012 sehingga Ho ditolak, karena sig t<0,05 maka variabel x8 berpengaruh terhadap kinerja profesional guru (Y). Kemudian kontribusi masing-masing dari 8 faktor yakni: umur (x1) dengan nilai β= 0,264, jenis kelamin (x2) dengan nilai β= 0,176, gaji (x3) dengan nilai β= 0,185, jabatan (x4) dengan nilai β= 0,186, pelatihan (x5) dengan nilai β= 0,363, pengalaman kerja (x6) dengan nilai β= 0,260, etos kerja (x7) dengan nilai β= 0,231, potensi kompetensi profesional guru (x8) dengan nilai β= 0,234. Maka faktor yang berkontribusi paling tinggi adalah faktor Pelatihan dengan nilai β= 0,363, sementara faktor yang berkontribusi paling rendah adalah jenis kelamin dengan nilai β= 0,176.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Istiningsih M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Profesional
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 15:44
Last Modified: 11 Oct 2017 20:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum