PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI AL MUSTHOFA BELITANG III

Resti Septikasari, NIM: 1520420004 (2017) PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI AL MUSTHOFA BELITANG III. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI AL MUSTHOFA BELITANG III)
1520420004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI AL MUSTHOFA BELITANG III)
1520420004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (462kB)

Abstract

Resti Septikasari, Pembelajaran Timbal Balik (reciprocal teaching) dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Bacaan dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Al- Musthofa Kec. Belitang III. Kab. Oku Timur, Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman bacaan dan motivasi belajar siswa yang rendah menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) mencari perbedaan pemahaman bacaan siswa dan motivasi belajar antara sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan reciprocal teaching, 2) mencari pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman bacaan dan motivasi belajar siswaa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi. Desain eksperimen yang digunakan adalah non equivalent control group design. Pada design ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok dikenai perlakuan eksperimen, yaitu dengan menggunakan pendekatan timbalbalik dalam pembelajaran dan satu kelompok sebagai kelompok kontrol atau pembanding dengan penerapan pembelajaran biasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) teori pemahaman bacaan dari Rudell yang mengklasifikasikan tujuh sub keterampilan utama dari keterampilan komprehensi yang dapat digolongkan dalam tingkat komprehensi faktual, interpretif, dan aplikatif. 2) Teori motivasi dari Jhon Keller yang mengklasifikasikan motivasi menjadi empat yaitu Attention, Relevances, Confidence, Satisfaction (ARCS) Hasil dari penelitian ini adalah 1) Dari perbedaan pre-test dan posttest, diperoleh hasil analisis sebesar t = 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan reciprocal teaching berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman bacaan siswa. 2) Berdasarkan hasil analisis perbedaan pre-test dan post-test motivasi diperoleh nilai 0,000 < 0,05, Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 3) Pendekatan reciprocal teaching lebih efektif dibandingkan pendekatan biasa dalam peningkatan pemahaman bacaan siswa. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan mendapat nilai 0,001 < 0,05. Selanjutnya pendekatan reciprocal teaching juga sangat efektif dalam peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa besar nilai signifikansi t = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan reciprocal teaching lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan biasa dalam meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran timbal balik, pemahaman bacaan, motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:21
Last Modified: 16 Oct 2017 01:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27439

Actions (login required)

View Item View Item