PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA

Ratih Rahmawati, S.Pd.I., NIM: 1520420007 (2017) PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA)
1520420007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA)
1520420007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan saintifik berkaitan erat dengan sikap ilmiah pada pembelajaran sains. Namun, pada kurikulum 2013 pendekatan saintifik diaplikasikan pada semua muatan, yaitu tematik terpadu. Sehingga hal tersebut memerlukan kajian mendalam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pendekatan saintifik dan pengembangan sikap ilmiah siswa dalam muatan tematik pelaksanaan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bermaksud memperoleh pemahaman makna fakta yang relevan tentang aplikasi pendekatan saintifik mengembangkan sikap ilmiah siswa dalam muatan pelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Negeri Demangan Yogyakarta mulai melaksanakan kurikulum 2013 khusus di kelas 1 dan 4 sejak tahun 2014 hingga saat ini, namun pelaksanaannya pernah berhenti tahun 2015 karena kurikulum 2013 mengalami sedikit perubahan. Proses pelaksanaan pembelajaran di kelas saat ini berjalan cukup baik. Guru memberikan umpan balik (feedback) dengan baik, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, diskusi, memberi penguatan positif, apresiasi dan juga refleksi bersama yang diakhiri dengan kesimpulan. Sikap ilmiah siswa yang muncul adalah rasa ingin tahu yang tinggi ditandai dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan yang mengandung kuriositas, tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas, usaha mereka berdiskusi kelompok dan presentasi di depan kelas, respek terhadap orang lain, kerjasama, berani, berpikir kritis dan terbuka. Kegiatan pembelajaran tersebut tersirat dalam tahapan pelaksanaan pendekatan saintifik. Akhirnya, pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 ini hakikatnya mengembangkan sikap ilmiah siswa, tidak hanya pada muatan ilmu alam namun juga muatan lainnya, baik dikenal dengan sebutan muatan tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Sikap Ilmiah Siswa, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:44
Last Modified: 11 Oct 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item View Item