PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL (STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA MUNA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 2 MUNA, KAB. MUNA BARAT)

Sarina, NIM: 1520420008 (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL (STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA MUNA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 2 MUNA, KAB. MUNA BARAT). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL (STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA MUNA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 2 MUNA, KAB. MUNA BARAT))
1520420008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL (STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA MUNA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 2 MUNA, KAB. MUNA BARAT))
1520420008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sarina, Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal (Studi Kasus Penggunaan Bahasa Muna Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MIN 2 Muna, Kab. Muna Barat) Tesis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2017. Penelitian Ini dilatarbelakangi observasi di MIN 2 Muna. Menemukan kasus bahwa di MIN 2 Muna masih mempertahankan budaya lokal dalam pembelajaran aqidah ahklak berbasis bahasa Muna. Seorang guru dalam pembelajaran di kelas selalu mengenalkan budaya yang ada di lingkungan sekitar terutama penggunaan bahasa Muna karena bahasa Muna adalah bahasa ibu agar selalu kekal dalam diri setiap anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Ahklak berbasis bahasa Muna, implementasi penggunaan bahasa Muna dan faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasinya dalam proses pembelajran berbasis budaya lokal penggunaan bahasa Muna pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I, IIa,IIb, IIIa,IIIb.di MIN 2 Muna, Kabupaten Muna Barat yang berjumlah sebanyak 96 orang .Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 3 bulan mulai dari bulan Juli sampai September 2016. Penelitian dimulai dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, karyawan/staf, siswa dan orang tua anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasill penelitian Pertama, pembelajaran akidah akhlak berbasis bahasa Muna sangat penting diterapkan di MIN 2 Muna, selain bahasa Muna yang merupakan bahasa sehari-hari tetapi juga bahasa Muna yang kental akan nilai keislamannya dan sudah menjadi satu dengan budaya lokal setempat sehingga memudahkan peserta didik menerima dan mengaplikasikan pembelajaran akidah akhlak di kehidupan sehari-harinya. Kedua, pembelajaran akidah akhlak sudah diterapkan oleh guru-guru di MIN 2 Muna dengan pendekatan tiga pola yaitu pola pembiasaan/pengulangan, pola contoh, dan pola implementasi dan evaluasi. Ketiga, Guru tidak menilai dari hasil pembelajaran akan tetapi menilai proses pembelajaran berlangsung. Keempat, Lingkungan juga saling berkolaborasi mulai dari lingkungan Keluarga, Sekolah dan masyarakat. penghambat dalam pembelajaran berbasis budaya lokal dengan penggunaan bahasa Muna pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. kurangnya media konkret dan buku yang dijadikan sumber untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aqidah Ahklak, budaya lokal
Subjects: Adat Istiadat
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 15:44
Last Modified: 11 Oct 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum