STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL LOMBOK TIMUR

HUSAIRI, NIM: 1520420009 (2017) STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL LOMBOK TIMUR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL LOMBOK TIMUR)
1520420009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL LOMBOK TIMUR)
1520420009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. kooperatif learning tipe Jigsaw dan Word Square dapat dijadikan metode alternatif untuk mendorong peserta didik aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat keefektifan antara metode Jigsaw dan Word Square dalam mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik di MI NW 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis penelitian komparasi. Penelitian komparasi adalah membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan-perubahan pandangan orang, grup atau negara, terhadap kasus, kasus terhadap orang, peristiwa atau terhadap ide-ide. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 61 peserta didik, 31 kelas Va dan 30 kelas Vb. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas dan uji t dengan teknik analisis Paired Samples T-Tes dan Independent-Sample T Test. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan program SPSS dengan teknik analisis Paired Samples T-Tes. Hasil uji hipotesis pertama t hitung = 10,063 > t tabel =2.042272 dan t hitung = 6,520 > t tabel = 2.042272. hasil hipoteis kedua t hitung = 2,082 > t tabel = 2.04523 dan nilai t hitung = 2,709 > t tabel = 2.04523 sedangkan hasil uji hipotesis ketiga untuk kemampuan kognitif peserta didik yaitu menggunakan rumus Independent-Sample T Test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa t hitung > t tabel = 4,513 > 2,001. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan pada pengujian kemampuan afektif peserta didik hasil menunjukkan t hitung > t tabel = 4,6201 > 2,043751 maka Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signifikan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik antara metode Jigsaw dengan metode Word Square di MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Word Square, Kognitif Dan Afektif.
Subjects: Komputer
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2017 15:44
Last Modified: 11 Oct 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum