PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, MADRASAH AL-KHOIRIYAH DIKOTA JAMBI 1972-2017 (ANALISIS ATAS SKB 3 MENTERI TAHUN 1975 TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI)

WANDI, SHUM, NIM. 1520510059 (2017) PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, MADRASAH AL-KHOIRIYAH DIKOTA JAMBI 1972-2017 (ANALISIS ATAS SKB 3 MENTERI TAHUN 1975 TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, MADRASAH AL-KHOIRIYAH DIKOTA JAMBI 1972-2017 (ANALISIS ATAS SKB 3 MENTERI TAHUN 1975 TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI))
1520510059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, MADRASAH AL-KHOIRIYAH DIKOTA JAMBI 1972-2017 (ANALISIS ATAS SKB 3 MENTERI TAHUN 1975 TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI))
1520510059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kegelisahan penulis untuk menggali lebih dalam mengenai perkembangan lembaga pendidikann Islam Madrasah al-Khairiyah di Kota Jambi, dimana sejak awal lembaga pendidikan tersebut memakai sistem klasik. Sejak berdirinya pada tahun 1937 dan sebagai Madrasah tertua di Kota Jambi, Madrasah tersebut masih memakai sistem tradisional seperti halnya Madrasah-Madrasah lainnya yang ada di Indonesia. Pada tahun 1975 dengan turunya SKB 3 Menteri, Madrasah al-Kahiriyah mulai menerapkan sistem dan aturan yang berlaku pada surat Keputusan Presiden tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis isi SKB 3 Menteri tentang perkembangan pendidikan Islam Madrasah al-Khairiyah di era globalisasi, yang mana era globalisasi menurut Azyumardi Azra adalah merupakan ancaman besar bagi Pendidikan Islam untuk mempertahankan nilai agama yang murni. “Perubahan dalam bidang pendidikan meliputi isi pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, dan lain sebagainya. Salah satu aspek yang sangat besar pengaruhnya adalah kurikulum”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah, yaitu seperangkat prinsip-prinsip yang sistematis dan aturanaturan untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilai secara kritis dan menyajikan secara sistematis dalam bentuk laporan tertulis. Hasilnya adalah terdapat beberapa penemuan dalam penelitian ini: Pertama: pada zama Orde Baru turunya SKB 3 Menteri merupakan suatu keniscayaan, melihat pada saat itu Pendidikan Islam mengalami berbagai persoalan diantaranya masalah pengangkatan guru, masalah ijazah dan ketertinggalan mutu pendidikan Islam. Dengan tutunya SKB 3 Menteri ini, pengelolaan Madrasah lebih teratur, diantaranya masuknya pendidikan umum di Madrasah, ijazah Pendidikan Islamjuga bisa bisa dipakai untuk masuk Perguruan Tinggi Umum. Kedua: Turunnya SKB 3 Menteri, cukup membawa dampak pada Madrasah al-Khairiyah di Kota Jambi. Madrasah yang pada awalnya memakai sistem klasik, terlihat lebih modern dengan penataan kelas yang lebih baik, dengan memasukkan kurikulum umum, mata pelajaran pun diubah untuk mengikuti SKB 3 Menteri ini. Ketiga: Perubahan sistem pendidikan yang ada di Madrasah al-Khairiyah sangat perlu dilakukan mengingat sistem pendidikan tradisional sudah kurang memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Jambi,yang sarat dengan tuntutan zaman dan teknologi serta pengaruh globalisasi, dampaknya Madrasah al-Khairiyah dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas SDM pada Madrasah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. M. Abdul Karim, M.A. M.A,
Uncontrolled Keywords: Mardasah, Perkembangan, SKB 3 Menteri
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:50
Last Modified: 05 Oct 2017 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum