STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI MENGENAI ILMU PERPUSTAKAAN DI INDONESIA

RUSMIATININGSIH, S HUM, NIM. 1520010011 (2017) STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI MENGENAI ILMU PERPUSTAKAAN DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI MENGENAI ILMU PERPUSTAKAAN DI INDONESIA)
1520010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[img] Text (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI MENGENAI ILMU PERPUSTAKAAN DI INDONESIA)
1520010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sulistyo Basuki Mengenai Ilmu Perpustakaan di Indonesia. Tesis Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini merupakan studi pemikiran tokoh dengan subjek penelitiannya adalah Sulistyo Basuki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran, kontribusi , dan tren pemikiran Sulistyo Basuki mengenai ilmu perpustakaan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kajian pustaka atau library research, yaitu menggunakan bahan pustaka sebagai bahan primer berupa karyakarya Sulistyo Basuki sebagai objek kajian. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi atau content analysis dengan tahapan mengumpulkan sumber primer, mengklasifikasi berdasarkan pemetaan tekstual, kemudian menganalisis dengan memberi interpretasi melalui pemahaman teks untuk menemukan arah pemikiran secara keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pemikiran Sulistyo Basuki mengenai ilmu perpustakaan di Indonesia meliputi; ilmu perpustakaan dari sudut filosofis, konsep jaringan dan kerjasama perpustakaan, perkembangan pendidikan ilmu perpustakaan dan informasi, penggunaan nama-nama Indonesia dalam penentuan tajuk entri, kajian informetrika dan sejarah perpustakaan Indonesia. 2. Tren pemikiran Sulistyo Basuki merupakan corak pemikiran logika lateral yang dipengaruhi oleh faktor internal dan ekternal. Faktor internal tercermin dari kajian informetrika dan sejarah perpustakaan. Sedangkan faktor ekternal tercermin dari berbagai tema generalis dalam ilmu perpustakaan dan informasi di Indoensia. 3. Kontribusi Sulistyo Basuki dalam Ilmu Perpustakaan di Indoensia berupa membumikan kajian informetrika dan sejarah perpustakaan di Indonesia, perintis program studi pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, berkontribusi sebagai chief editor, pencetus istilah GMD sebagai Goretan Materi Deskripsi, mengusulkan notasi bahasa-bahasa Indonesia ke dalam DDC edisi 23. Berhubung penelitian ini merupakan penelitian yang masih bersifat komprehensif, sehingga masih banyak peluang untuk mengkaji pemikiran Sulistyo Basuki. Misalnya, dalam fokus kajian informetrika atau sejarah perpustakaan di Indonesia. Hasilnya akan menambah suatu kajian baru karena di Indonesia masih sangat sedikit peneliti yang tertarik untuk melakukan kajian studi tokoh dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag, SS, MA
Uncontrolled Keywords: kajian tokoh, pemikiran Sulistyo Basuki, Sulistiyo Basuki, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Perpustakaan Indonesia
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:48
Last Modified: 10 Oct 2017 01:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27485

Actions (login required)

View Item View Item