ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI MOBILE IJOGJA OLEH PEMUSTAKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI GRHATAMA PUSTAKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DIY

MUSLIH FATHURRAHMAN, NIM. 1520010012 (2017) ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI MOBILE IJOGJA OLEH PEMUSTAKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI GRHATAMA PUSTAKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DIY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI MOBILE IJOGJA OLEH PEMUSTAKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI GRHATAMA PUSTAKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DIY)
1520010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI MOBILE IJOGJA OLEH PEMUSTAKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI GRHATAMA PUSTAKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DIY)
1520010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi mobile iJogja oleh pemustaka menggunakan teori pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY dengan melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semakin besar faktor-faktor tersebut berpengaruh, maka akan semakin tinggi pula penerimaan pemustaka terhadap aplikasi iJogja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 288 kuesioner yang disebar kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan contoh permodelan Partial Least Square (PLS). Analisis data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis menggunakan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pemustaka terhadap aplikasi iJogja di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY cukup baik. Hal ini berdasarkan dari 8 (delapan) hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) hipotesis yang dinyatakan signifikan dan hanya satu hipotesis yang tidak signifikan. Hipotesis yang signifikan yaitu: pengaruh relevance terhadap perceived usefulness, pengaruh screen design terhadap perceived easy of use, pengaruh mobility terhadap perceived easy of use, pengaruh perceived easy of use terhadap perceived usefulness, pengaruh perceived usefulness terhadap intention to use, pengaruh perceived ease of use terhadap intention to use, dan pengaruh intention to use terhadap actual system use. Sementara pengaruh subjective norms terhadap perceived usefulness menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Selanjutnya, nilai R2 (R-square) menunjukkan perceived usefulness sebesar 0,224, artinya variabel relevance, subjective norms, dan perceived ease of use hanya mampu mempengaruhi variabel perceived usefulness sebesar 22,4 %, dan sisanya 77,6 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Selanjutnya variabel mobility dan screen design berpengaruh sebesar 28,3 % terhadap variabel perceived ease of use, dan sisanya 71,7 % dipengaruhi oleh variabel lainnya. Begitu juga variabel intention to use mampu dipengaruhi sebesar 29,9 % oleh variabel perceived ease of use dan variabel perceived usefulness, sementara 70,1 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan variabel intention to use mampu menjelaskan 7,2 % terhadap perubahan pada variabel actual system usage dan sisanya sebesar 92,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.P., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Mobile Library, iJogja.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:59
Last Modified: 10 Oct 2017 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item