EFEKTIVITAS SENSOR ALARM DALAM E-GATE SEBAGAI SISTEM PENGAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

YUSNIAH, S PD I, NIM. 1520010019 (2017) EFEKTIVITAS SENSOR ALARM DALAM E-GATE SEBAGAI SISTEM PENGAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SENSOR ALARM DALAM E-GATE SEBAGAI SISTEM PENGAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520010019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS SENSOR ALARM DALAM E-GATE SEBAGAI SISTEM PENGAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520010019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan sebagai sentral pengetahuan tidak lepas dari fungsi untuk menyediakan sarana informasi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan terakhir menunjukkan kecepatan pengembangan perpustakaan telah banyak dipengaruhi oleh sentuhan teknologi. Untuk meminimalisir angka pencurian dan penyalahgunaan koleksi di perpustakaan, beberapa perpustakaan universitas di Indonesia menggunakan teknologi sistem pengamanan koleksi berupa Pintu Elektronik (E-Gate) dengan pendeteksi sensor alarm, salah satunya adalah Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sensor Alarm dalam e-gate yang diterapkan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini merupakan salah satu cara yang digunakan perpustakaan untuk mengamankan koleksi yang mereka miliki. Seorang mahasiswa pengguna perpustakaan terkejut dengan bunyi yang dikeluarkan oleh alarm perpustakaan UIN Sunan Kalijaga tersebut. Peminjaman yang dirasa telah dilakukan sesuai prosedur oleh pemustaka tersebut ternyata masih terdeteksi oleh alarm perpustakaan. Hal ini menyebabkan timbulnya keraguan bagi pemustaka terhadap efektivitas dari Penerapan teknologi canggih berupa alarm dalam e-gate perpustakaan tersebut. Bahkan beberapa mahasiswa pengguna perpustakaan mengalami ketakutan ketika melewati e-gate perputakaan ini. Untuk membuktikan efektivitas sensor alarm dalam e-gate sebagai sistem pengaman koleksi ini diperlukan sebuah penelitian mengenai alarm dalam e-gate ini. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas sensor alarm dalam e-gate sebagai sistem pengaman koleksi yang diterapkan oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan dan staff teknologi informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang berjumlah 23 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengukuran efektivitas dalam penelitian ini berdasarkan skala likert yang hasilnya dikategorikan menjadi sangat efektif, efektif, cukup efektif, tidak efektif dan sangat tidak efektif dengan menggunakan skala interval Simamora dengan rentang skala 0,8. Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa implementasi sensor alarm dalam e-gate sebagai sistem pengaman koleksi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah efektif sesuai dengan standar sebuah sistem alarm keamanan. Total nilai rata-rata dari seluruh indikator dalam penelitian ini sebesar 3.80. Dengan Rentang skala 0,8 maka nilai interpretasi skor dalam penelitian ini adalah 3, 40 X 4, 20 = efektif. Hal ini menunjukkan bahwa sensor alarm dalam e-gate perpustakaan uin sunan kalijaga ini efektif digunakan sebagai sistem keamanan koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, sensor alarm, sistem keamanan, koleksi, perpustakaan, teknologi, informasi. UIN Sunan Kalijaga.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2017 15:48
Last Modified: 10 Oct 2017 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item