ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

ISKANDAR, SSOS, NIM. 1520010028 (2017) ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan pustakawan dalam suatu perpustakaan merupakan sesuatu yang penting untuk dipenuhi. Hal ini disebabkan karena kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk dapat mencapai kesejahteraan. Apabila kebutuhan sudah terpenuhi maka motivasi kerja pustakawan akan semakin meningkat yang dapat berdampak pada terlaksananya eksistensi perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan pustakawan, motivasi kerja pustakawan, dalam kaitannya dengan eksistensi perpustakaan pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap display data, tahap verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiaan ini menunjukan bawah pemenuhan kebutuhan pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dilakukan dengan cara pemberian gaji, dan tunjangan yang memadai, penguatan profesi pustakawan, pemberian penghargaan, memberikan keleluasan pustakawan untuk mengikuti setiap kegiatan. Sedangkan dalam meningkatkann motivasi kerja pustakawan langkah dilakukan yaitu penguatan aspek komunikasi, melakukan pengawasan kerja secara tersistimatis, memberikan tanggungjawab kepada pustakawan, merancang oreantasi kerja yang berpihak pada penguatan kapasitas pustakawan, memberikan apresiasi atas setiap prestasi yang diraih oleh pustakawan, berusaha untuk membuat kompetisi internal di perpustakaan untuk memberikan stimulus yang positif dan memetakan kemampuan pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan. Terpenuhinya kebutuhan, membuat motivasi kerja pustakawan meningkat, hal itu terlihat dengan terjaganya eksistensi perpustakaan melalui pelaksanaan fungsi perpustakaan sebagai tempat deposit, penyediaan sumber-sumber informasi, penyediaan tempat belajar, pelestarian budaya dengan mengadakan kegiatan yang bernuansa budaya yang dapat menghibur dan memberikan wawasan baru kepada pengguna, bekerjasama dengan pihak dari luar perpustakaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, SS., MA
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Kebutuhan, Motivasi Kerja, Pustakawan, Eksistensi Perpustakaan.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Oct 2017 09:55
Last Modified: 11 Oct 2017 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27494

Actions (login required)

View Item View Item